POLHUKAM

Jika Ada Empat Poros di Pilpres 2024, PDIP Ketiban Untung

PDIP (Net)
PDIP (Net)


JAKARTA - Penelitian terbaru yang dilakukan lembaga survei Cakra Nusantara memprediksi bahwa dalam pemilu presiden (pilpres) 2024 akan muncul empat poros atau pasangan calon.

Poros pertama terdiri dari Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). 

Poros kedua, Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). Poros ketiga, Partai Demokrat, Partai Nasdem, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). 

Menariknya, poros empat ini dibentuk oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tanpa berkoalisi dengan partai politik lainnya.

Menurut Pengamat Politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH), Emrus Sihombing, jika empat poros itu akan terwujud, maka yang akan diuntungkan adalah PDIP. 


"Empat poros sangat strategis. Andaikan mereka (PDIP) tidak berkoalisi bagus sekali," ungkap Emrus saat diwawancarai Info Indonesia, Jumat (24/6/2022). 

Selain itu, bila empat poros dapat dipastikan Pilpres mendatang akan dua putaran. Diputaran kedua ini, kata Emrus, PDIP dipastikan berkoalisi dengan parpol lain.

"Diputaran kedua baru berkoalisi dengan parpol lain," imbuhnya. 

Emrus meyakini bahwa partai berlambang banteng moncong putih itu tidak bermain sendiri diputaran kedua. Parpol lain pun, pastinya ingin berkoalisi dengan partai besutan Megawati Soekarnoputri itu.

"Diputaran kedua ini PDIP tidak mau main sendiri," tandasnya.


Video Terkait:
Suami Pergoki Istrinya Bercinta dengan Oknum Anggota DPRD
Editor: Amelia