POLHUKAM

Pertemuan SBY-JK, Wujudkan Duet Anies-AHY di Pilpres 2024

Pertemuan SBY dan JK. (Net)
Pertemuan SBY dan JK. (Net)


JAKARTA - Pusat Data Riset (Pusdari) memprediksi, pertemuan antara Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan Ketum Partai Nasdem Surya Paloh untuk merajut koalisi di 2024. 

Nasdem sendiri telah memiliki tiga calon kandidat sebagai bakal calon presiden di pilpres 2024. Mereka adalah Anies Baswedan, Andika Perkasa dan Ganjar Pranowo. 

Peneliti Utama Pusdari, Nana Saehuna mengatakan, kemungkinan besar partai besutan Surya Paloh itu akan memilih Anies Baswedan sebagai calon presiden. 

Nana meyakini, Partai Demokrat tidak mempermasalahkan bila Nasdem mengusung Anies Baswedan. 

Keyakinan itu diperkuat dengan pertemuan Jusuf Kalla dan Susilo Bambang Yudhoyono di Cikeas, Bogor. Jusuf Kalla, kata Nana, merupakan salah satu mentor Anies Baswedan di Pilgub DKI Jakarta. 


"Seakan memberikan sinyal kuat akan arah koalisi Partai Nasdem dan Partai Demokrat akan terbentuk," kata Nana kepada Info Indonesia, Selasa (28/6/2022).

Pertemuan antara Jusuf Kalla dan SBY itu, kata Nana, Partai Demokrat ingin menyodorkan AHY sebagai pendamping Anies Baswedan di pilpres mendatang.

"Tentunya SBY ingin mangajukan calon dari kader terbaik Demokrat, siapa lagi kalau bukan menawarkan AHY untuk menjadi pendamping Anies," jelasnya.


Video Terkait:
SBY dan AHY Yang Menuduh Presiden Jokowi
Editor: Amelia