POLHUKAM

Soal Duet Puan-Erick, PDIP Ogah Usung Figur Non-Kader

Puan Maharani. (Net)
Puan Maharani. (Net)


JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani kini menjadi tumpuan trah Soekarno pada kontestasi 2024. Karena itulah, bisa dipastikan bahwa PDIP pada pilpres mendatang bakal mengusung calon presiden dari internal partainya.

"Saya pikir Ibu Megawati yang berpengalaman cukup panjang tidak akan mudah mengusung non kader," kata Peneliti Politik deri Survey Surabaya Center, Surokim Abdus Salam kepada Info Indonesia, Selasa (28/6/2022).

Berdasarkan simulasi pasangan calon yang dilakukan Cakra Nusantara, PDIP diprediksi bakal mengusung Puan Maharani dan Erick Thohir. 

Surokim menilai, Erick Thohir dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memang memiliki hubungan cukup baik. Kendati begitu, tidak menjadi jaminan bahwa Erick Thohir bakal dipasangkan dengan Puan Maharani.

"Bukan jaminan Pak Erick Thohir akan dipasangkan dengan Mbak Puan," kata dia.


Surokim memprediksi, jika PDIP jalan sendiri tanpa berkoalisi dengan partai lain. Kemungkinan besar PDIP akan mengusung capres maupun cawapres dari internal partai. Meski begitu, seluruh keputusan berada di Megawati sebagai pemegang hak prerogatif.

"PDIP bisa saja mengusung Pak Ganjar dan Puan untuk diduetkan di 2024. Namun semua masih belum ada sinyal jelas dan kita hanya bisa meraba kehendak Ibu Megawati dari jauh," terang dia.

Menurutnya, Megawati sangat cermat dalam membaca peta kontestasi. Dia juga tidak yakin pasang bahwa PDIP akan memasangkan Puan dengan Erick di Pilpres 2024.

"Saya pikir tidak mudah PDIP menjatuhkan pilihan mengusung Mbak Puan dan Erick Thohir," pungkasnya.


Video Terkait:
Ganjar-Sandiaga Bisa Jadi Pemain Cadangan di Pilres 2024
Editor: Amelia