OPINI

Mencintai Nabi Muhammad SAW

(Minews.id)
(Minews.id)


KENAPA masih ada orang yang melakukan penghinaan terhadap pribadi Yang Mulia seperti Nabi Muhammad SAW? Bisa jadi karena mereka tidak mengetahui bahwa sosok mulia itu telah diutus Allah membebaskan manusia dari kebodohan, yang telah meletakkan dasar-dasar kesetaraan hak laki-laki dan perempuan; meletakkan embrio negara sistem demokrasi dan mengakhiri pemberlakuan sistem pemerintahan tirani monarkhi absolute. 

Sosok mulia itu telah mengajarkan adab, etika dan kesopanan dalam hubungan antarmanusia. Bakti seorang anak kepada kedua orang tuanya, respeck seorang pengusaha atas buruh dan pekerjanya; welas asih seorang penguasa terhadap orang yang dipimpinnya; kasih sayang yang kuat terhadap yang lemah; kewajiban berlaku adil para penegak hukum, larangan berlaku tamak dan rakus, kedisiplinan seorang prajurit dalam medan perang, keharusan menjunjung tinggi sikap ilmiah, musyawarah dalam menyelesaikan persoalan, pengasihannya kepada kaum miskin dan anak terlantar dan seterusnya anda bisa tambahkan semua kebaikan bagi ketinggian dan kemuliaan harkat dan martabat manusia.

Jika saja para pembenci Nabi Muhammad SAW itu mau menyempatkan mempelajari sosok mulia nan agung ini, niscaya kebodohan tidak akan menimpa mereka. Teramat banyak hal baik, hal bermanfaat yang dapat anda petik, sebagai pelajaran kehidupan melalui keteladanan Nabi Muhammad SAW. Sangat mungkin hari ini Anda membenci Nabi Muhammad SAW, tapi cobalah pelajari sejarah hidup beliau, perjuangan beliau demi menaikkan harkat dan martabat umat manusia, sangat mungkin anda akan berbalik mencintainya.

Mencintai Rasulullah Muhammad SAW, anugerah yang sangat besar dari Allah SWT. 

Memang bahwa untuk sampai ketingkat mencintai Nabi Muhammad SAW, bukanlah sesuatu yang mudah. Banyak orang yang telah membaca sejarah hidup Beliau, terutama di kalangan umat Islam, namun belum memperoleh hidayah untuk sampai ketingkat mencintai Nabi Muhammad SAW. 


Siapapun yang telah Allah beri anugerah mencintai Nabi Muhammad SAW, niscaya ia telah memperoleh anugerah yang sangat besar. Anugerah yang tidak ternilai. Bukan hanya karena dengan kecintaannya kepada Nabi Muhammad mereka akan memperoleh limpahan pengetahuan, memperoleh adab, akhlak yang baik, akan dicintai oleh sesama umat Islam lainnya, namun juga kelak di hari kemudian, siapapun yang benar-benar mencintai Nabi Muhammad SAW, akan memperoleh sambutan dari beliau dan dengan izin Allah, syafaat dari beliau akan diperolehnya. Mereka akan masuk ke taman-taman kebahagiaan bersama Nabi dan para salihiin ke tempat khusus yang bernama illiyyin. Tempat termulia di sisi Allah swt. Demikianlah karena siapa yang mencintai dan menaati Rasulullah Muhammad SAW, sesungguhnya telah pula mencintai dan menaati Allah swt.

Akhir-akhir ini, kita umat Islam sangat terpukul, dengan penghinaan yang dilakukan sejumlah orang atas diri Nabi Muhammad saw. Di India, dan juga di negara kita. Yang terbaru dilakukan oleh penjual minuman haram, yang merusak generasi bangsa (hollywings).

Sekiranya bukan karena ajaran Allah dan Rasul-Nya Muhammad SAW mengajarkan pentingnya mengedepankan kesabaran, kasih sayang antar sesama, tentulah memburu dan menangkap sendiri pelakunya telah dilakukan oleh umat Islam. 

Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, dan Rasulullah Muhammad SAW adalah orang yang paling menolak tindakan kewenang-wenangan kepada siapapun.

Karena itu, kepada pihak polisi, aparat pemerintah supaya menegakkan keadilan dengan se-adil-nya, dan kepada pihak pemerintah demi masa depan bangsa dan negara kita, kegiatan usaha yang merusak generasi bangsa hendaknya jangan diberi kelonggaran di negeri kita ini. Masa depan negeri ini ada ditangan generasi muda, mari kita lindungi generasi muda bangsa kita dari kerusakan akibat minuman keras, narkoba dan semacamnya.

Semoga Allah SWT senantiasa melipatgandakan kemuliaan dan keagungan-Nya kepada Baginda Rasulullah Muhammad SAW, beserta segenap keluarga, para sahabatnya, para salihin yang senantiasa mencintai dengan mengamalkan ajaran Beliau. Dan kepada seluruh Bangsa Indonesia semoga Allah jauhkan dari azab-Nya disebabkan ulah seglintir orang yang menghina Kekasih-Nya. Kita berdoa, semoga para penghina Nabi itu diampuni oleh Allah SWT, diberikan keselamatan lahir batin, dunia dan akhirat.

Hasanuddin
(Ketua Umum PB HMI Periode 2023-2005)

Artikel ini juga bisa Anda baca di Koran Info Indonesia edisi Selasa, 28 Juni 2022.


Video Terkait:
Lars Vilks, Kartunis Nabi Muhammad Tewas Kecelakaan
Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo