DAERAH

Kabupaten Muba Masih Zero PMK

Beri Label Sehat di Tempat Penjualan Hewan Kurban

Penjabat Bupati Muba, Apriyadi, menyuntikkan vaksin PMK di kandang penjualan hewan kurban di Sekayu, Rabu (29/6/2022). (Ist)
Penjabat Bupati Muba, Apriyadi, menyuntikkan vaksin PMK di kandang penjualan hewan kurban di Sekayu, Rabu (29/6/2022). (Ist)


SEKAYU - Upaya maksimal dilakukan Penjabat Bupati Musi Banyuasin, Apriyadi, dalam mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan kurban menjelang Iduladha 1443 Hijriah. 

Berkaitan hal tersebut, Pemkab Muba menyiapkan seribu dosis vaksin pencegah PMK untuk hewan kurban khususnya sapi. 

"Sejauh ini di Muba nihil ada hewan kurban yang terkena PMK, dan untuk itu penyebaran seribu dosis vaksin PMK ini kita masifkan di Muba," ungkap Apriyadi saat meninjau pelaksanaan vaksinasi PMK di kandang penjualan hewan kurban di Sekayu, Rabu (29/6/2022). 

Dia menegaskan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk serius dalam upaya pencegahan dan meminimalisir PMK yang menyerang hewan kurban. 

"Harus maksimal pengawasannya dan berkoordinasi dengan veteriner di Muba," kata Apriyadi. 


Lanjutnya, penyebaran dosis vaksin PMK difokuskan ke kandang-kandang penjualan hewan kurban dan dicek satu persatu kalau ada hewan kurban dari daerah lain yang melintasi wilayah Muba. 

"Fokuskan kandang hewan kurban di jalan lintas karena penyebaran PMK bisa dengan cepat menyebar," jelas Apriyadi. 

Dia menghimbau bagi masyarakat atau penjual hewan kurban yang melihat atau hewannya terkena PMK untuk segera melapor.

"Segera laporkan. Kita jaga bersama kesehatan hewan kurban dan masyarakat Muba saat menjelang Iduladha," Apriyadi berpesan. 

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Muba, A. Thamrin, menerangkan, pihaknya juga telah mengeluarkan Surat Keterangan Sehat di lokasi penjualan hewan kurban yang memenuhi syarat dan benar-benar terhindar dari penyakit. 

"Jadi warga Muba tidak usah cemas. Kalau di lokasi kandang penjualan hewan kurban sudah ada Surat Keterangan Sehat dipastikan aman dan sudah di cek hewan kurbannya satu persatu," bebernya. 

Adapun, dalam kesempatan tersebut Penjabat Bupati Apriyadi turut didampingi Dandim 0401 Muba, Letkol ARM Dede Sudrajat; Kapolres Muba, AKBP Alamsyah Pelupessy; dan kepala perangkat daerah terkait.

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo