POLHUKAM

Merinding Melihatnya, Ibu Negara Iriana Jokowi Berharap Perang Ukraina Segera Berakhir

Ibu Negara Iriana Jokowi secara simbolis menyerahkan bantuan kemanusiaan ke Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina di Kiev. (Biro Pers Setpres)
Ibu Negara Iriana Jokowi secara simbolis menyerahkan bantuan kemanusiaan ke Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina di Kiev. (Biro Pers Setpres)


JAKARTA - Ibu Negara Iriana Jokowi secara simbolis menyerahkan bantuan kemanusiaan berupa obat-obatan kepada Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina di Kiev, Rabu (29/6/2022).

Penyerahan bantuan dilakukan saat Ibu Negara mendampingi Presiden Jokowi menyambangi sebuah rumah sakit yang berada di pusat Kota Kiev, usai meninjau Apartemen Lipky di Irpin.

"Tadi saya sama Bapak Jokowi sedikit membantu untuk rumah sakit yang korban dari peperangan," kata Ibu Negara usai menyerahkan bantuan, melalui keterangan pers yang diterima di Jakarta.

Saat ditanya bagaimana kesan mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan ke Ukraina, Ibu Negara berharap agar perang segera berakhir.

"Dengan ucapan basmalah saya mendampingi Bapak, moga-moga peperangan ini segera berakhir karena sangat merinding saya melihat," ucap Ibu Negara.


Selain bantuan kemanusiaan, pemerintah Indonesia juga memberikan bantuan melalui Palang Merah Ukraina dan komitmen rekonstruksi rumah sakit yang rusak akibat perang.

"Selain bantuan yang secara simbolis disampaikan Ibu Negara, pemerintah Indonesia juga memberikan bantuan melalui Palang Merah Ukraina dan juga komitmen untuk membantu rekonstruksi rumah sakit yang terdampak perang," jelas Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, secara terpisah.

Sebelumnya, Presiden dan Ibu Negara sempat meninjau kompleks apartemen yang rusak akibat invasi militer Rusia ke Ukraina. Turut mendampingi Presiden dan Ibu Negara adalah Menlu Retno Marsudi serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Selepas kunjungan ke rumah sakit, Presiden Jokowi beserta rombongan akan bertemu dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Maryinsky membawa misi agar terbukanya dialog perdamaian antara Ukraina dan Rusia.

Sesudahnya pada Rabu sore waktu setempat rombongan Presiden Jokowi akan kembali ke Stasiun Central Kiev untuk bertolak menuju Stasiun Przemysl di Polandia dengan kereta api.

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo