POLHUKAM

Disambut Hangat Presiden Zelensky, Jokowi Sampaikan Upaya Terciptanya Perdamaian

Presiden Jokowi disambut oleh Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, saat tiba di Istana Maryinsky, Rabu (29/6/2022). (Antara/Biro Pers Setpres)
Presiden Jokowi disambut oleh Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, saat tiba di Istana Maryinsky, Rabu (29/6/2022). (Antara/Biro Pers Setpres)


JAKARTA - Presiden Joko Widodo disambut oleh Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, di Istana Maryinsky di Kota Kiev, dalam kunjungannya ke negara itu, Rabu (29/6/2022) sore sekitar pukul 15.00 waktu setempat.

Saat Presiden Jokowi turun dari kendaraan, Zelenskyy tampak sudah menunggu di pintu Istana. Kedua pemimpin itu kemudian saling menyodorkan tangan bersalaman dan menyapa satu sama lain.

Informasi yang dilansir Biro Pers Sekretariat Presiden di Jakarta, Rabu malam, menyebut, setelah penyambutan, kedua pemimpin tersebut masuk ke dalam Istana untuk melakukan sesi foto bersama, pengenalan delegasi serta dilanjutkan dengan pertemuan utama.

Dalam kunjungan ini, Presiden Jokowi rencananya akan berbicara dengan Presiden Zelenskyy untuk mengupayakan terciptanya perdamaian antara Ukraina dengan Rusia.

Presiden Jokowi sebelumnya juga telah meninjau puing-puing akibat perang di beberapa wilayah Kota Irpin, serta menyerahkan bantuan kemanusiaan.


Saat peninjauan bersama Ibu Negara Iriana Jokowi, Presiden Jokowi menyatakan kehancuran yang disaksikannya sebagai hal yang menyedihkan dan berharap tidak ada lagi kota di Ukraina yang mengalami kehancuran.

Usai pertemuan dengan Zelenskyy, Presiden Jokowi dijadwalkan langsung kembali ke Polandia menggunakan Kereta Luar Biasa yang disediakan pemerintah Ukraina. Untuk selanjutnya menuju Rusia guna bertemu Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut yaitu Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, dan Sekretaris Kabinet, Pramono Anung.

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo