WARNA-WARNI

Wahana Penjelajah Zhurong Abadikan Seluruh Permukaan Mars

Gambar permukaan Mars yang ditangkap wahana penjelajah Zhurong dari misi Tianwen-1 dirilis oleh Badan Antariksa Nasional China (CNSA), Rabu (29/6/2022). (Antara/CNSA/Reuters)
Gambar permukaan Mars yang ditangkap wahana penjelajah Zhurong dari misi Tianwen-1 dirilis oleh Badan Antariksa Nasional China (CNSA), Rabu (29/6/2022). (Antara/CNSA/Reuters)


JAKARTA - Pesawat antariksa tak berawak milik China telah merekam gambar seluruh bagian Mars, termasuk kutub selatan planet tersebut.

Gambar-gambar itu diperoleh setelah mengelilingi Mars lebih dari 1.300 kali sejak awal tahun lalu.

Tianwen-1 berhasil mencapai planet merah itu pada Februari 2021 dalam sebuah misi. Sebuah wahana robotik Zhurong lalu diluncurkan di permukaan, sedangkan sebuah pengorbit mengamati planet itu dari atas.

Di antara gambar-gambar yang direkam adalah foto kutub selatan Mars, di mana semua sumber air di planet itu berkumpul.

Pada 2018, sebuah pengorbit yang dioperasikan Badan Antariksa Eropa menemukan air di bawah lapisan es kutub selatan Mars.


Menemukan air di bawah permukaan adalah kunci yang menentukan apakah planet itu layak untuk ditinggali, selain memberikan sumber daya berkelanjutan bagi eksplorasi di sana.

Gambar lain yang direkam oleh Tianwen-1 adalah foto ngarai Valles Marineris sepanjang 4.000 km, dan kawah tumbukan di dataran tinggi di bagian utara Mars yang dikenal sebagai Arabia Terra.

Dilansir Reuters (Rabu, 29/6/2022), Tianwen-1 juga mengirim gambar beresolusi tinggi ke bumi tentang tepi kawah Maunder yang sangat besar, pemandangan vertikal Ascraeus Mons, sebuah gunung api perisai yang besar.

Gunung setinggi 18.000 meter itu pertama kali terdeteksi oleh pesawat ruang angkasa Mariner 9 milik NASA lebih dari lima dekade lalu.

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo