DAERAH

Tumbuhkan Minat Baca, Pengelola Perpustakaan di Kaltim Akan Diberi Motor Bahkan Umroh

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kaltim, HM. Syafranuddin. (Istimewa)
Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kaltim, HM. Syafranuddin. (Istimewa)


SAMARINDA - Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang baru dilantik Gubernur Isran Noor sepekan lalu, Muhammad Syafranuddin menargetkan akan meningkatkan minat baca di kalangan para Pelajar.

Hal tersebut diungkapkan mantan Karo Humas Pemprov Kaltim yang karib disapa Ivan itu, lantaran prihatin terhadap kondisi perpustakaan yang sepi saat ini.

“Saya pernah tinggal di dekat Perpustakaan Kecamatan, miris, hampir sebulan tidak ada orang yang berkunjung ke perpustakaan tersebut," kata Ivan.

Berpangkal dari hal tersebut, Ivan kemudian berkeinginan untuk mengembangkan perpustakaan agar menjadi tempat yang diminati oleh masyarakat, khususnya bagi para Pelajar.

Untuk itulah dibutuhkan pengelola yang dapat membuat perpustakaan, menjadi tempat yang dapat menarik minat baca.


Untuk memotivasi para pengelola perpustakaan, Ivan menjanjikan hadiah bagi pengelola perpustakaan yang berhasil mengembangkan perpustakaan binaannya. Jika ada perpustakaan di Kecamatan yang berhasil, akan diberi hadiah sepeda motor.

"Bahkan jika memungkinkan, insyaAllah akan diberi hadiah umroh yang berasal dari dana pribadi. Walau saya tidak mau riya, namun sejak di Humas Pemprov Kaltim jika ada jajaran saya yang berprestasi, maka akan diberi reward (hadiah) dari dana pribadi,“ kata dia.

Sehingga jika nanti ada Perpustakaan Desa atau Kecamatan yang berhasil, maka akan diberi reward sepeda motor. Langkah awal ini adalah untuk memancing, bagaimana membudayakan dan menumbuhkan minat baca.

“Itu yang penting, karena kelemahan orang Indonesia adalah malas baca. Sehingga petugas perpustakaan di Desa atau di Kecamatan harus diberi motivasi dan semangat, bukan hanya pembacanya saja yang diberi reward tapi juga pengelolanya." (Nyn/ADV/KominfoKaltim)


Video Terkait:
Cerdaskan Masyarakat, DPRD Kaltim Minta Taman Baca Hingga Perdesaan
Editor: Saeful Anwar