POLHUKAM

Dari Tokoh Agama Sampai Relawan Doakan Misi Jokowi ke Eropa dan Timur Tengah

Presiden RI, Joko Widodo (kiri) di sela-sela kegiatan KTT G7, di Elmau, Jerman. (Net)
Presiden RI, Joko Widodo (kiri) di sela-sela kegiatan KTT G7, di Elmau, Jerman. (Net)


JAKARTA - Sejumlah tokoh lintas agama dan ratusan Relawan Jokowi dari berbagai kota dan negara menggelar doa bersama, dengan  harapan agar lawatan Presiden RI, Joko Widodo ke Eropa juga Timur Tengah, berjalan lancar dan sukses.

Ketua Umum Pusat Kerja Pengembangan Berdikari Osmar Tanjung, yang juga inisiator Acara Doa Bersama, mengatakan tanpa kekuatan dari Tuhan sangat mustahil Presiden dapat sukses mengemban tugas yang berat ini.

“Apalagi langsung masuk menuju daerah yang sedang berkonflik dan berperang baik itu di Ukraina maupun Rusia,” kata dia di Jakarta, Jumat (1/7/2022).

Oleh karena itu, kata Osmar, wajib hukumnya masyarakat Indonesia untuk mendoakan dan memberikan semangat kepada Presiden Jokowi dalam mengemban misi perdamaian dunia.

Dirinya mengatakan, mendamaikan Rusia dan Ukraina bukan pekerjaan yang mudah. Negara besar seperti Amerika Serikat, China, dan negara-negara di Eropa saja tidak sanggup bahkan malah ikut menjadi bagian dari Rusia atau Ukraina, bukannya menjadi penengah.


Selain itu, Osmar juga berpandangan bahwa tugas berat lainnya adalah Presiden selaku Ketua Presidensi G20 bersama Pemimpin Negara Negara G7 juga sedang mencari solusi untuk mengatasi krisis energi, krisis pangan, dan krisis ekonomi yang melanda banyak negara di berbagai belahan dunia saat ini.

Selaras dengan Osmar, Ketua Umum Solidaritas Merah Putih (Solmet) Silfester Matutina mengatakan bahwa penyelenggaraan acara Doa Bersama ini juga mengharapkan keselamatan Presiden RI beserta rombongan hingga tiba di Indonesia.

“Dengan doa dan dukungan malam ini, kami berharap tugas berat Presiden Jokowi ke Eropa dan Timur Tengah bisa sukses dan Presiden beserta Ibu Negara dan rombongan bisa pulang dengan selamat ke Tanah Air,” kata Silfester Matutina.

Acara yang digagas oleh Aliansi Relawan Militan Setia Tegak Lurus Jokowi ini dilakukan melalui Zoom Meeting pada Kamis (30/6/2022) malam bersama sejumlah tokoh dari enam agama di Indonesia, Koordinator Agama Cinta Guz Sholeh sebagai tokoh Islam, Pemuda Katholik Indonesia Bondan Wicaksono sebagai tokoh Katolik, Gereja Masehi Advent Hari Ke Tujuh Pendeta Sugih Sitorus dan FKUB Kalimantan Barat Pendeta Paulus Ajong sebagai tokoh Protestan, dari Kementerian Agama Ida Made Sugita sebagai tokoh Hindu, Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Romo Asun, serta perwakilan Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin) Mulyadi Liang. 


Video Terkait:
Ubedilah Badrun Dilaporkan Relawan Jokowi Mania ke Polisi
Editor: Saeful Anwar