DAERAH

Fornas VI Sumsel Resmi Dibuka

Ratusan penari menarikan Journey of Fornas pada pembukaan Fornas VI di Arena Dayung Jakabaring Sport City, Palembang, Jumat (1/7/2022) malam. (Antara/M. Bima Elko)
Ratusan penari menarikan Journey of Fornas pada pembukaan Fornas VI di Arena Dayung Jakabaring Sport City, Palembang, Jumat (1/7/2022) malam. (Antara/M. Bima Elko)


PALEMBANG - Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainuddin Amali, scara resmi membuka Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI 2021 Sumatera Selatan resmi dibuka di Arena Dayung Jakabaring Sport City, Palembang, Jumat (1/7/2022) malam. 

Pembukaan Fornas VI ditandai pelepasan ketapel ke udara oleh Menpora dengan didampingi Ketua Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (Kormi) Pusat, Hayono Isman, dan Gubernur Sumsel, Herman Deru, yang langsung disambut gegap gempita pesta kembang api.

"Saya yang mewakili Presiden Jokowi dengan ini membuka secara resmi Fornas VI di Sumatera Selatan," kata Menpora.

Dalam kesempatan tersebut, Menpora menyampaikan salam dari Presiden Jokowi kepada para peserta karena sejatinya kepala negara berkenan untuk membuka secara langsung, namun saat ini sedang melaksanakan lawatan ke sejumlah negara untuk menjalankan misi perdamaian bagi Rusia dan Ukraina.

"Olahraga masyarakat memang mungkin saja belum populer dibandingkan olahraga prestasi, tapi sejatinya bila bicara keolahragaan maka meliputi olahraga pendidikan, olahraga prestasi dan olahraga masyarakat," jelas Menpora.


Dia mengatakan, olahraga masyarakat ini masuk dalam bagian dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan dan Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional bahwa olahraga masyarakat berperan penting.

"Kita tidak akan dapat prestasi jika hulunya tidak digerakkan dan olahraga masyarakat itu hulunya," ujar Menpora.

Dalam kesempatan itu, Menpora berpesan kepada peserta untuk tidak menjadikan Fornas sebagai ajang mengejar prestasi semata tetapi lebih kepada upaya untuk memasyarakatkan olahraga. Oleh karena itu, dia sangat mendukung adanya keputusan bersama dengan tidak ditetapkan juara umum dan rangking daerah pada ajang ini.

Sebanyak 12.141 penggiat olahraga rekreasi dari 34 provinsi ambil bagian pada ajang yang sempat tertunda selama satu tahun karena adanya pandemi COVID-19 yang digelar di Kota Palembang dan Kabupaten Ogan Ilir selama 1-7 Juli 2022.

Fornas edisi keenam ini mempertandingkan 709 nomor pertandingan dari 55 induk olahraga tradisional dan kreasi budaya dari rumpun kebugaran dan rumpun petualangan serta ditambah 14 cabang olahraga eksibisi, sehingga total menjadi 64 cabang olahraga.

Perhelatan kali ini menjadi catatan tersendiri karena untuk kali pertama diikuti oleh seluruh provinsi di Tanah Air dan dari sisi cabang olahraga lebih banyak dua kali lipat dibandingkan ajang sebelumnya di Kota Samarinda pada 2019.

Acara pembukaan Fornas berlangsung meriah dengan disaksikan oleh ribuan penonton yang memadati arena tribun Venue Dayung JSC.

Acara yang dipandu oleh presenter Choky Sihotang ini diawali dengan suguhan tari tradisional Gending Sriwijaya. Kemudian dilanjutkan dengan sajian tarian tradisional kontemporer Journey of Fornas yang menggambarkan perhelatan Fornas yang sudah dimulai sejak tahun 2011, dimulai dari DKI Jakarta dan akhirnya pada edisi keenam diselenggarakan di Sumsel.

Ratusan penari menggunakan pakaian adat menampilkan tari-tarian khas daerah, mulai dari tarian ondel-ondel, kuda lumping hingga tarian tradisional Bali. Tak ketinggalan, Sumsel sebagai tuan rumah juga menampilkan tarian khas yang mengusung tema United Musi River.

Layaknya acara multievent, ajang ini juga diisi dengan defile para peserta dari 34 provinsi.

Sebagai penutup, penonton menyaksikan penampilan penyanyi jebolan Indonesia Idol, Mahalini, yang membawakan lagu resmi Fornas VI 2021 Sumsel dan lagu hitsnya berjudul Sisa Rasa.


Video Terkait:
Gubernur Sumsel Umumkan Nama Anak Percha Leanpuri
Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo