WISATA

Desa Wisata Jadi Program Unggulan Kemenparekraf

Menparekraf Sandiaga Uno menandatangani prasasti Desa Wisata Sembungan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo, sebagai 50 desa wisata terbaik dalam ADWI 2022. (Antara/Heru Suyitno)
Menparekraf Sandiaga Uno menandatangani prasasti Desa Wisata Sembungan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo, sebagai 50 desa wisata terbaik dalam ADWI 2022. (Antara/Heru Suyitno)


WONOSOBO - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, menyampaikan bahwa desa wisata menjadi program unggulan lembaganya.

Menurut dia, di tengah pandemi COVID-19, justru desa wisata menjadi pilihan para wisatawan. Sandiaga menyampaikan hal tersebut usai mengukuhkan Desa Wisata Sembungan di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, sebagai 50 desa wisata terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

"Kami berkomitmen desa wisata menjadi program unggulan. Demokratisasi dari wisata ini adalah memberikan dampak pariwisata berkeadilan karena desa wisata yang merasakan seluruh masyarakat langsung," katanya, Minggu (3/7/2022).

Sandiaga menuturkan, para pelaku seni dan budaya merasakan setiap kali ada kunjungan di desa wisata. Dia mencontohkan, Desa Wisata Sembungan setiap tahun dikunjungi 250 ribu wisatawan dan langsung berdampak kepada warga setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga menyampaikan besarnya harapan masyarakat pascapandemi COVID-19 terkait pemulihan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan, sehingga Indonesia tak hanya mampu bertahan tetapi berkembang menjadi negara yang mandiri.


"Pada intinya masyarakat antusias. Seperti yang dilihat saat ini karena ada kebangkitan ekonomi dan kebangkitan ekonomi itulah yang diperlukan untuk dijaga momentumnya sampai nanti saat pergantian kepemimpinan," jelasnya.

Menurut Sandiaga, pencapaian atas kebangkitan ekonomi bakal mewarnai kontestasi Pemilihan Presiden 2024 mendatang. Oleh karena itu, sesuai dengan harapan masyarakat, dirinya yang berada dalam pemerintahan kini tengah fokus memulihkan ekonomi lewat sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. 

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo