POLHUKAM

PDIP Belum Pikirkan Pengganti Tjahjo Kumolo di Kabinet Joko Widodo

Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat. (Net)
Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat. (Net)


JAKARTA - Pengurus Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) belum memikirkan nama yang akan mengisi kursi Menteri PAN-RB, menggantikan Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia pada, Jumat (1/7/2022).

Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat menyatakan, saat ini partainya masih berduka atas sepeninggalan anggota kabinet itu, yang juga salah satu kader senior partai berlambang banteng moncong putih.

"Belum, kita masih dalam suasana berduka ya karena Pak Tjahjo ini seorang tokoh yang hidupnya, pengabdiannya betul-betul untuk bangsa negara dan senior partai yang bener-bener membantu Ibu Megawati dan membesarkan PDI Perjuangan," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu kepada wartawan, di DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Senin (4/7/2022).

Djarot mengatakan, Presiden Joko Widodo memiliki kewenangan penuh untuk menunjuk pengganti Menteri PAN-RB. "Tentu saja kita sadari maklumi bahwa itu adalah kewenangan dari Pak Jokowi," kata dia.

Dia mengatakan, PDIP sejak awal tidak pernah mengusulkan opsi-opsi nama menteri kepada Jokowi. Dirinya menyebut PDIP juga tidak pernah meminta-minta jatah menteri ke Jokowi, dan mengklaim mereka selalu menyerahkan urusan menteri kepada pemerintahan Jokowi.


"Kami tidak pernah meminta-minta jatah kami. Serahkan semua kepada Pak Jokowi untuk kebaikan negeri ini supaya mereka semua ini para pembantu presiden itu betul-betul bisa bekerja keras untuk mewujudkan visi misi Pak Jokowi dan mewariskan yang baik bagi bangsa kita ini termasuk di Kementerian PAN RB," ujarnya.

Anggota Komisi IV DPR RI itu menyebut PDIP secara total mendukung Jokowi secara total karena dia adalah kader partai politik. "Jadi kami kerja samanya bukan kerja sama secara pragmatis ya. Kami mendukung Pak Jokowi itu betul-betul mendukung yang total."

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD mengatakan, Presiden RI, Joko Widodo sudah mengantongi nama yang akan mengisi jabatan menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (menpan RB).

"Pak Jokowi pasti sudah tahu dan sudah ada di kantong beliau. Mungkin hanya menunggu lewatnya waktu belasungkawa," kata Mahfud MD saat dikonfirmasi wartawan, di Jakarta, Senin (4/7/2022).

Mahfud yang kini menjabat sebagai Menpan RB ad interim, berpendapat bahwa Presiden memiliki perangkat penilaian lengkap untuk memilih figur yang tepat sebagai seorang menteri.

"Saya yakin bahwa Presiden mempunyai perangkat penilaian yang lengkap untuk memilih orang yang tepat menjadi menteri untuk diangkat, berdasarkan hak prerogatif presiden."


Video Terkait:
Suami Pergoki Istrinya Bercinta dengan Oknum Anggota DPRD
Editor: Saeful Anwar