POLHUKAM

PEMILU 2024

Puan Bantu PAN Meraih Suara

Yuri Hadiah dikukuhkan sebagai Ketua Puan Sumbar dalam Muswil Puan Sumbar di Kota Padang. (Antara/Mario Sofia Nasution)
Yuri Hadiah dikukuhkan sebagai Ketua Puan Sumbar dalam Muswil Puan Sumbar di Kota Padang. (Antara/Mario Sofia Nasution)


PADANG - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perempuan Amanat Nasional (Puan) menargetkan Puan Sumatera Barat dapat membantu Partai Amanat Nasional (PAN) memperoleh suara di Pemilihan Umum 2024.

Ketua POK DPP Puan, Farah F. Inggrid, mengatakan, terbentuknya Puan Sumbar di bawah kepemimpinan Yuri Hadiah sebagai ketua periode 2021-2025 diharapkan mampu bergerak dan membantu PAN dalam meraih suara.

Dia menjelaskan, Puan adalah sayap partai dari PAN yang bergerak di bidang perempuan, baik itu perempuan milenial, ibu rumah tangga serta lintas profesi. Di mana, perempuan harus melek politik karena hanya perempuan yang memahami di bidang tertentu dan dapat menyuarakannya melalui politik.

Selain itu, Undang-Undang Pemilu mewajibkan 30 persen dari calon anggota legislatif yang diusulkan partai adalah perempuan. Hal inilah yang akan dioptimalkan bersama karena masih belum maksimal.

Ke depan, Farah menginginkan perempuan tidak hanya sebagai pelengkap syarat partai untuk mencalonkan anggota DPRD, baik kota, kabupaten, provinsi maupun DPR RI.


"Kita berharap 30 persen yang diajukan ini benar-benar duduk dan menyampaikan aspirasi wanita nantinya di legislatif, dan Puan ini tempat mereka belajar berpolitik," katanya dalam Musyawarah Wilayah Puan Sumbar di Padang, Minggu (3/7/2022). 

Farah bersyukur pengurus Puan Sumbar merupakan yang ke-28 di Indonesia telah dikukuhkan dan telah membuat DPD Puan di 19 kota dan kabupaten di provinsi itu.

"Kita memiliki harapan Puan Sumbar akan mendampingi PAN di Sumbar untuk meraih suara rakyat," ujarnya.

Ketua DPW PAN Sumbar, Indra Dt Rajo Lelo, mengatakan, pengukuhan ini sesuai amanah DPP Puan yang meminta sayap partai itu juga ada di tingkat provinsi dan kota serta kabupaten.

"Alhamdulillah hari ini kita lakukan musyawarah wilayah dan pengukuhan terhadap Ketua Puan Sumbar, Yuri Hadiah. Memang untuk ketua Puan ini melekat kepada istri ketua DPW, ketua DPD PAN dan hari ini sudah kita lantik," jelasnya.

Indra berharap Puan Sumbar dapat bergerak dan tidak hanya sebagai pelengkap saja dalam pemilu nanti, namun juga duduk di kursi legislatif. Saat ini persentase perempuan PAN di Sumbar ada satu orang di DPRD Sumbar dan diharapkan pada 2024 bertambah menjadi tiga orang.

"Kita minta Puan Sumbar menjadi bagian penting dalam pemenangan pemilu di Sumbar. Bukan hanya pelengkap saja," kata dia.

Sementara, Ketua Puan Sumbar, Yuri Hadiah, mengatakan bahwa pelantikan ini adalah amanat dan perjuangan yang berat. Puan Sumbar sempat vakum dan saat ini hendaknya dapat bangkit bersama dan berjuang memberikan kontribusi besar kepada PAN.

"Semoga kita menjadi partner strategis PAN Sumbar dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Dengan memberikan kontribusi berupa perolehan suara maksimal dalam Pemilu 2024," jelasnya.

Artikel ini juga bisa Anda baca di Koran Info Indonesia edisi Senin, 4 Juli 2022.


Video Terkait:
Daftar Nama Korban Ritual di Bibir Pantai Payangan
Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo