DAERAH

Belitung Expo Bikin UMKM Naik Kelas

Bupati Belitung, Sahani Saleh, menabuh gendang sebagai tanda pembukaan Belitung Expo 2022. (Antara/Kasmono)
Bupati Belitung, Sahani Saleh, menabuh gendang sebagai tanda pembukaan Belitung Expo 2022. (Antara/Kasmono)


TANJUNG PANDAN - Pelaksanaan Belitung Expo 2022 akan menjadi momentum pelaku UMKM di Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, naik kelas.

Bupati Belitung, Sahani Saleh, mengatakan, pelaksanaan Belitung Expo 2022 sekaligus sebagai persiapan pelaku UMKM menghadapi ajang pertemuan tingkat menteri pembangunan negara-negara yang tergabung dalam forum G20 pada 7-9 September mendatang.

"Sehingga produk-produk UMKM lokal Belitung berkesempatan untuk dilihat oleh masyarakat internasional," ujarnya di Tanjung Pandan, Minggu (3/7/2022).

Menurut Sahani Saleh, pelaksanaan Belitung Expo 2022 dilakukan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Tanjung Pandan ke-184.

"Apabila di Jakarta ada Jakarta Fair, kalau di Belitung ada Belitung Expo," katanya.


Sahani Saleh berharap Belitung Expo 2022 dapat membangkitkan ekonomi pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di daerah itu.

Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Tenaga Kerja Belitung, Budi Swasta Kartiman, mengatakan, Belitung Expo 2022 yang digelar tanggal 1-5 Juli diikuti oleh 138 peserta yang terbagi dalam beberapa klaster.

Dia mengharapkan Belitung Expo 2022 menjadi stimulus ekonomi dan memotivasi seluruh pelaku UMKM agar tetap berkarya dan berinovasi.

"Serta meningkatkan pemahaman UMKM, mengembangkan dan menggali potensi produksi, kemasan dan pemasaran UMKM agar lebih maju dan berkembang dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan," jelas Budi.

Artikel ini juga bisa Anda baca di Koran Info Indonesia edisi Senin, 4 Juli 2022.

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo