DAERAH

Muba Bangga Punya Bupati Penuh Prestasi

Dodi Reza Alex saat menjabat Bupati Muba dalam kesempatan berbicara di forum internasional. (Ist)
Dodi Reza Alex saat menjabat Bupati Muba dalam kesempatan berbicara di forum internasional. (Ist)


PALEMBANG - Di luar dari kasus yang menjeratnya, mantan Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex, punya segudang prestasi. 

Selama memimpin Kabupaten Muba, Dodi Reza Alex banyak mendapatkan penghargaaan, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Pemerhati budaya dan sejarah Muba, Yusmairin Yusman Haris, mengakui prestasi-prestasi yang pernah diraih Dodi Reza Alex. Menurut dia, kinerja kepemimpinan Dodi Reza Alex selama menjabat sebagai Bupati Muba pun sudah diakui oleh semua pihak.

Yusman mengatakan, secara kepemimpinan, Dodi Reza Alex sangat smart, prudent, detail dan tanggap serta yang sangat penting yakni berkomitmen mengabdi kepada masyarakat.

"Pemikiran dan ide-ide brilian dari Dodi Reza Alex untuk memajukan Muba selama ini sangat dirasakan oleh masyarakat Muba," ujarnya dalam keterangan di Palembang, Senin (4/7/2022)


Hal itu terbukti dari banyaknya penghargaan selama kepemimpinan Dodi Reza Alex, di antaranya pemimpin inovatif di tahun 2020 terkait pencegahan dan pengendalian COVID-19 yang efektif sehingga warga Muba tidak banyak terpapar virus. Kemudian, sebagai penggerak dan pembina olahraga terbaik di seluruh Indonesia, sebagai bupati inovatif di bidang kesehatan serta melayani warga Muba hingga pelosok untuk dengan mudah mendapatkan e-KTP.

Tidak hanya itu saja, di bilang pertanian inovasi Dodi Reza Alex adalah program perkebunan yang berkelanjutan

"Tentunya beliau sebagai manusia tidak luput dari salah dan khilaf. Akan tetapi keberhasilan yang beliau torehkan tidak bisa kita lupakan," ujar Yusman.

Bahkan, saat menjabat sebagai Bupati Muba, Dodi Reza Alex juga dikenal sebagai pejabat yang banyak berbicara di forum internasional. Membawa nama bangsa untuk memperjuangkan komoditas sawit Indonesia seperti pada Konferensi PBB untuk Perubahan Iklim (COP) di Polandia tahun 2019 dan di Madrid tahun 2020.

Sebelum terjerat kasus dugaan suap fee proyek Dinas PUPR Muba tahun 2021 Dodi Reza Alex banyak mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat maupun Daerah. Adapun penghargaannya sebagai Bupati Terbaik Tingkat Provinsi tahun 2020, penghargaan Proklim Utama dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), penghargaan sebagai Kepala Daerah inovatif dan Terkomitmen tahun 2020 dari Kementerian Dalam Negeri, Anugerah Pratama Perkebunan Indonesia (APPI) dari Kementerian Pertanian tahun 2020.

Kemudian penghargaan percepatan cakupan pemberi akta kelahiran anak dari Kementerian Pendayagunaan Perempuan dan Anak (PPA), penghargaan Pelopor Indonesia dalam Bidang Penerapan Teknologi Zero Emission Mobile Power Plant dari Spesial Envory Perdana Menteri Inggris, Richard Graham. Lalu penghargaan atas keberhasilan dalam pembangunan perkebunan dari Kementan, Lencana Darmabakti dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang diserahkan oleh Presiden Joko Widodo serta penghargaan kabupaten dengan pelayanan publik terbaik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo