POLHUKAM

PEMILU 2024

Demokrat Bisa Ubah Peta Politik Jika Masuk KIB

Pengamat politik Efriza. (Ruangpolitik.com)
Pengamat politik Efriza. (Ruangpolitik.com)


JAKARTA - Partai Demokrat diperkirakan bisa mengubah peta politik yang ada saat ini apabila bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Diketahui, Partai Demokrat saat ini sangat dekat dengan Partai Nasdem.   

"Terjadinya pergantian pemain, intinya dari Nasdem kepada Partai Demokrat," kata pengamat politik Citra Institute, Efriza, saat dihubungi Info Indonesia, Rabu (13/7/2022).

Selain itu, jika Partai Demokrat bergabung ke KIB akan membuat Anies Baswedan realistis dan berpikir kembali untuk bergabung dengan Partai Nasdem. 

Efriza mengakui jika pada sejumlah hasil survei, simulasi pasangan Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono mendapatkan elektabilitas cukup tinggi.

"Apalagi dia (Anies) punya masa lalu pernah ikut di Konvensi Partai Demokrat. Jadi wajar cawapres," katanya.


Efriza mengatakan jika Partai Demokrat bergabung dengan KIB kemungkinan besar AHY akan diusung sebagai calon presiden.

"Malah akan menarik karena AHY menjadi calon presiden dan dapat mengusung calon wakil presiden yang punya rekam jejak yang cukup diperhitungkan. Dengan tentunya disepakati KIB," jelasnya.

"Semisal Dedi Mulyadi dari Golkar, Arya Bima dari PAN, Khofifah dari yang dapat diinisiasi oleh PPP. Dan jalan tengah Ridwan Kamil yang non-partai," tambah Efriza.


Video Terkait:
Terlibat Kudeta, Demokrat Pecat 7 Kadernya
Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo