POLHUKAM

SwipeRx dan Kemenkes Kerja Sama Tingkatkan Edukasi Vaksinasi COVID-19

Penandatanganan MoU SwipeRx dengan Ditjen Kesmas dalam rangka meningkatkan edukasi vaksinasi COVID-19 di Indonesia. (Ist)
Penandatanganan MoU SwipeRx dengan Ditjen Kesmas dalam rangka meningkatkan edukasi vaksinasi COVID-19 di Indonesia. (Ist)


JAKARTA - Perusahaan teknologi aplikasi untuk farmasi di Asia Tenggara, SwipeRx, bersama Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat melakukan penandatanganan MoU di Gedung dr. Adhyatma Kementerian Kesehatan, Jakarta. 

Penandatanganan MoU yang dilakukan pada Kamis (8/7/2022) lalu diwakili Direktur SwipeRx Indonesia, Oscar Ronald, dan Dirjen Kesmas, Maria Endang Sumiwi. Juga dihadiri oleh Donald Wihardja selaku CEO MDI Ventures dan sejumlah pejabat Kemenkes.

Melalui kerja sama ini SwipeRx terpilih untuk menjadi media partner bagi Ditjen Kesmas yang diharapkan dapat meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia dengan upaya edukatif dan promotif serta menyebarluaskan informasi kesehatan yang terpercaya melalui tenaga kefarmasian, seperti apoteker dan tenaga teknis kefarmasian. 

Salah satu kegiatannya adalah mempromosikan vaksinasi COVID-19 di Indonesia khususnya untuk kelompok atau daerah yang masih rendah tingkat vaksinasinya dan nantinya program tersebut akan dapat dipromosikan melalui tenaga kefarmasian yang sudah bermitra dengan SwipeRx.

"Dua hal yang menjadi target di masyarakat saat ini adalah behaviour change dan demand creation, Kemenkes membutuhkan dukungan mitra swasta dalam  penyediaan kanal edukasi secara masif di masyarakat sehingga menjangkau seluruh Indonesia," ujar Dirjen Kesmas, Maria Endang Sumiwi, melalui keterangan resmi, Jumat (15/7/2022).


Sementara itu, Direktur SwipeRx Indonesia, Oscar Ronald menuturkan, harus disadari bahwa COVID-19 masih ada.

"Maka diperlukan sinergi dari setiap stakeholder dalam hal penyebarluasan informasi yang baik dan benar terkait vaksinasi dan informasi kesehatan lainnya," jelasnya.

Oscar menambahkan, SwipeRx merupakan suatu media aplikasi yang menjangkau luas bagi insan farmasi, mendukung dalam pendidikan berkelanjutan dan mengaktifkan profesional farmasi untuk berperan aktif dalam memberikan informasi dan edukasi terkait vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat Indonesia.


Video Terkait:
RS Ikut Pemerintah Soal Harga Vaksin Mandiri
Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo