EKONOMI

Mendag Pantau Kebutuhan Pokok di Cirebon, Harga Daging Masih Tinggi

Mendag Zulkifli Hasan berdialog dengan pedagang di Pasar Jagasatru, Kota Cirebon. (Antara/Khaerul Izan)
Mendag Zulkifli Hasan berdialog dengan pedagang di Pasar Jagasatru, Kota Cirebon. (Antara/Khaerul Izan)


CIREBON - Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, memantau harga kebutuhan pangan pokok di Pasar Jagasatru, Kota Cirebon, Minggu (17/7/2022) pagi.

"Harga cabai berapa, minyak berapa. Naik apa turun kelihatan, jadi apa adanya," kata Mendag saat dimintai keterangan awak media di Pasar Jagasatru.

Dia mengaku tidak mau menyimpulkan hasil kunjungan kerjanya karena semua harus sesuai dengan kondisi di lapangan.

"Jangan dari saya, yang ada di lapangan ditulis. Ikut tadi kan, itu yang ditulis," ujar Mendag.

Saat kunjungan kerja di Pasar Jagasatru, Mendag beberapa kali berdialog dengan sejumlah pedagang, mulai dari pedagang sayur mayur, cabai, bawang, kelontong, daging sapi dan beberapa lainnya.


Dalam dialog tersebut para pedagang mengatakan bahwa harga kebutuhan pokok maupun rumah tangga sudah mengalami penurunan. Cabai merah yang sempat dijual Rp100 ribu per kilogram kini sudah Rp40 ribu per kilogram, selanjutnya bawang merah dari harga Rp60 ribu menjadi Rp42 ribu per kilogram.

Harga minyak goreng curah di kios yang dihampiri oleh Mendag menjual sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yaitu Rp14 ribu per liter.

Sementara harga daging sapi, menurut pedagang kepada Mendag masih tinggi, di mana per kilogram dijual dengan harga Rp140 ribu.

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo