DAERAH

Jaksel dan Jaktim Berpotensi Hujan Disertai Petir

Ilustrasi. (Net)
Ilustrasi. (Net)


JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta memperingatkan agar warga mewaspadai potensi hujan disertai kilat atau petir di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada Senin (18/7/2022) sore.

Sedangkan untuk wilayah Jakarta lainnya, BPBD melaporkan berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mayoritas cuaca cerah berawan sejak pagi hari.

BPBD melaporkan cuaca berpotensi menjadi hujan ringan untuk wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada Senin siang. Sedangkan cuaca di Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Kabupaten Kepulauan Seribu diperkirakan tetap cerah berawan.

Adapun cuaca pada Senin malam di Jakarta diperkirakan kompak cerah berawan.

Selanjutnya pada Selasa dinihari Jakarta mengalami cuaca berawan di wilayah Kepulauan Seribu, Jakarta Barat, Jakarta Timur dan Jakarta Selatan, sedangkan Jakarta Utara dan Jakarta Pusat tetap mengalami cuaca cerah berawan.


Sementara itu, suhu udara di ibu kota diperkirakan berada pada kisaran minimum 24 hingga maksimum 31 derajat Celcius. Untuk tingkat kelembaban udara diperkirakan berada pada rentang minimum 65 hingga 95 persen.

BPBD DKI Jakarta juga melaporkan prakiraan cuaca cerah berawan menurut BMKG untuk lima pelabuhan seperti Pelabuhan Perikanan Samudera Muara Baru, Kaliadem Muara Angke, Sunda Kelapa, Marunda dan Kalibaru, kecuali Pelabuhan Tanjung Priok yang mengalami cuaca berawan.

Menurut prakiraan BMKG, angin berhembus dari timur laut ke tenggara dengan kecepatan antara lima sampai 15 knots di lima pelabuhan tersebut, sedangkan angin di Pelabuhan Tanjung Priok berhembus dari Timur ke Selatan dengan kecepatan 5-12 knots.

Adapun di Pelabuhan Tanjung Priok, rentang suhunya antara 26-28 derajat Celsius, kelembaban udara 78-87 persen dan jarak pandang maksimal tujuh kilometer.

Sedangkan jarak pandang di lima pelabuhan lainnya dapat mencapai 10 kilometer.

Tinggi gelombang di laut pagi ini diperkirakan antara 0,5 hingga 1,25 meter. Kecuali di Pelabuhan Tanjung Priok, ketinggian gelombang diperkirakan hanya 0,1-0,5 meter.

Ketinggian waktu terjadi pasang maksimum pukul 22.00 WIB pada Minggu (17/7/2022) kemarin mencapai 1 meter. Namun surut menjadi 0,4 meter mulai Senin pukul 07.00 WIB.

Pengguna perairan dan pelabuhan diminta tetap mewaspadai peluang gelombang laut kategori sedang mencapai ketinggian 1,25 hingga 2,5 meter di Laut Jawa bagian barat dan Selat Karimata bagian selatan.


Video Terkait:
58 Kecamatan di Jakarta Waspada Banjir
Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo