EKONOMI

Mendag Pantau Harga Sembako di Balikpapan

Mendag Zulkifli Hasan memantau harga kebutuhan pokok di Pasar Klandasan, Balikpapan. (Antara/Sella Panduarsa Gareta)
Mendag Zulkifli Hasan memantau harga kebutuhan pokok di Pasar Klandasan, Balikpapan. (Antara/Sella Panduarsa Gareta)


BALIKPAPAN - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memantau harga kebutuhan bahan pokok di Pasar Klandasan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (20/7/2022) pagi.

Dalam kesempatan itu Mendag didampingi Sekretaris Jenderal Kemendag, Suhanto, dan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Syailendra.

"Harga cabai turun, minyak goreng curah ada yang harga Rp14.000 per liter. Untuk harga bawang merah yang masih tinggi," kata Mendag.

Pada kesempatan tersebut, Mendag juga menyampaikan bahwa para pedagang di Pasar Klandasan enggan menggunakan minyak goreng curah karena merasa takut dengan keamanannya.

Untuk itu, Mendag meminta jajaran Dirjen Perdagangan Dalam Negeri untuk mengedukasi masyarakat tentang keamanan menggunakan minyak goreng curah.


"Nanti Pak Dirjen menjelaskan dan koordinasi kepada masyarakat bahwa minyak curah itu vitaminnya masih tinggi, sehat, bagus, sangat aman dan laik untuk dikonsumsi," kata Mendag.

Harga cabai merah keriting hari ini di Pasar Klandasan Rp70.000 per kilogram. Harga tersebut lebih rendah dibandingkan 20 Juni 2022 yakni Rp80.000 per kilogram.

Sedangkan harga cabai merah besar terpantau stabil yakni Rp70.000 per kilogram atau sama dengan bulan lalu. Kemudian, harga cabai rawit merah mengalami penurunan menjadi Rp80.000 per kilogram dari bulan sebelumnya yang mencapai Rp100.000 per kilogram. Untuk harga bawang merah mencapai Rp90.000 per kilogram, melambung dari bulan sebelumnya yakni Rp78.000 per kilogram. Namun harga bawang putih terpantau stabil di harga Rp32.000 per kilogram.

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo