POLHUKAM

Masyarakat Puas Kinerja Jokowi-Maruf Dalam Menangani Pandemi dan Pemulihan Ekonomi

Tangkapan layar hasil survei ARSC terkait kinerja pemerintah.
Tangkapan layar hasil survei ARSC terkait kinerja pemerintah.


JAKARTA - Mayoritas masyarakat puas dengan kinerja pemerintahan Joko Widodo dan Maruf Amin dalam upaya penanganan pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi.

Sebagaimana terlihat dalam rilis survei opini publik Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC) bertema "Titik Tengah Demokrasi Indonesia Menuju Pemilu 2024" yang dilansir secara daring di Jakarta, Rabu (20/7/2022).

"Masyarakat cenderung puas terhadap upaya pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19 dan pemilihan ekonomi mencapai 58,9 persen," kata peneliti ARSC, Bagus Balghi.

Sementara responden yang menyatakan tidak puas sebanyak 37,0 persen, tidak tahu 3,3 persen dan tidak menjawab 0,8 persen.

Bagus menjelaskan, ketika responden diajukan pertanyaan terkait tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintahan Jokowi di periode kedua ini, mayoritas mengatakan sangat puas.


"Dengan kepuasan terhadap kinerja pemerintah Jokowi periode kedua relatif tinggi 56,3 persen," katanya.

Menurut Bagus, dapat disimpulkan bahwa selama Jokowi memimpin Indonesia dua periode, masyarakat sangat puas terhadap hasil dan kinerja pemerintahaannya.

"Publik memberikan apresiasi terhadap kinerja pemerintah, terutama dalam pengendalian pandemi dan pemulihan ekonomi," ujarnya.

Sampel pada survei ARSC sebanyak 1.225 responden, terbagi secara proporsional berdasarkan jumlah pemilih yang tercatat pada Pemilu 2019. Sampel ditentukan dengan metode acak bertingkat atau multistage random sampling.

Pengumpulan data dilakukan pada 21 Juni sampai 5 Juli 2022 melalui wawancara telepon menggunakan kuesioner terstruktur. Hasil survei mendapati margin of eror sebesar 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. 

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo