DAERAH

Jurnalis Kaltim Gandeng Pelajar Tangkal Hoaks

Sosialisasi literasi digital menangkal hoaks oleh Gerakan Anti Hoax Jurnalis Kaltim di SMAN 5 Balikpapan. (Ist)
Sosialisasi literasi digital menangkal hoaks oleh Gerakan Anti Hoax Jurnalis Kaltim di SMAN 5 Balikpapan. (Ist)


BALIKPAPAN - Ratusan pelajar SMA maupun SMK antusias mengikuti sosialisasi literasi digital menangkal hoaks yang dilaksanakan Gerakan Anti Hoax Jurnalis Kalimantan Timur, di SMAN 5 Balikpapan, Kamis (21/7/2022).

Kegiatan tersebut mengahdirkan narasumber dari Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kaltim, Muhammad Faisal; Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Rusman Ya'qub; dan Ketua Gerakan Anti Hoax Jurnalis Kaltim, Charles Siahaan.

Kepala SMAN 5 Balikpapan, Imam Seger Suja'i, mengatakan, kegiatan sosialisasi literasi digital menangkal hoaks diharap dapat memberikan pencerahan generasi muda di Balikpapan agar tidak dapat terprovokasi terkait isu atau berita negatif yang baru didengar.

"Jangan sampai kejadian beberapa tahun yang lalu terjadi lagi ketika siswa SMA dan SMK baku hantam membawa warga sekampung gara-gara bentrokan,"ucapnya.

Tugas pelajar saat ini sebutnya bisa menyampaikan kepada teman-temannya lewat forum-forum di sekolah masing-masing, sehingga memperkecil bahkan menghilangkan hoax di tengah-tengah masyarakat.


"Saya berharap kegiatan ini tidak sampai disini, karena terus terang saja remaja-remaja kita banyak menerima informasi yang salah dan bahkan Informasi yang tahu-tahu tidak benar tetapi ikut terlibat di dalamnya," ucapnya. 

Dengan mendapatkan informasi ini targetnya pelajar tidak ikut-ikutan, kemudian mencegah dan menginformasikan kepada teman-teman di sekolah masing-masing tentang bahaya dari hoaks. (Nyn/ADV/DiskominfoKaltim)

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo