DAERAH

M-Bloc Market Pacu Daya Saing UMKM Jambi

Gubernur Jambi, Al Haris. (Diskominfo Jambi)
Gubernur Jambi, Al Haris. (Diskominfo Jambi)


JAMBI - Pemerintah Provinsi Jambi mendorong kehadiran M-Bloc Market menjadi pasar kelontong modern yang dapat berperan mengakomodasikan pasar sekaligus meningkatkan daya saing produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Saya sangat mengapresiasi dan mendukung adanya M-Bloc Market ini dengan konsep pasar kelontong modern yang tentu ini dapat menggali potensi-potensi produk UMKM lokal. Kemudian juga merupakan pelayanan terbaik yang memberikan nuansa tersendiri, sehingga warga bisa dengan mudah berbelanja kebutuhan sehari-hari," jelas Gubernur Jambi, Al Haris, Kamis (28/7/2022).

Dia mengatakan, dengan mengusung konsep pasar kelontong yang menyediakan berbagai produk UMKM, mulai hasil pertanian, produk kecantikan, handcraft (kerajinan) hingga kuliner unik yang seluruhnya hasil karya anak bangsa, M-Bloc Market turut berkontribusi terhadap program Provinsi Jambi dalam mewujudkan visi Jambi Mantap alias Maju Aman, Nyaman, Tertib, Amanah dan Profesional.

Kemudian juga mendukung misi kedua yakni memantapkan perekonomian masyarakat dan daerah dengan tujuan memulihkan perekonomian daerah melalui pengelolaan komoditas unggul yang berkelanjutan atau ekonomi hijau, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Al Haris menuturkan, kehadiran M-Bloc Market yang berlokasi di kawasan Citra Raya City Jambi akan membantu pelaku UMKM dalam memasarkan produknya dan dengan proses akurasi dalam setiap pemilihan produk yang akan dipasarkan. Selain itu, akan memicu peningkatan daya saing dalam kualitas produk seperti kemasan yang ramah lingkungan dan menarik konsumen serta penggunaan bahan-bahan yang aman menjadikan produk-produk merek lokal Jambi yang dipasarkan pada M-Bloc Market dapat juga bersaing dengan produk-produk dalam maupun luar negeri.


Lebih lanjut, dia menyebutkan, M-Bloc Market di Provinsi Jambi diharapkan menjadi semangat pemerintah dan pelaku UMKM untuk bangkit serta pada akhirnya mampu memulihkan dan meningkatkan perekonomian.

"Kehadirannya juga harus berkontribusi pada pelestarian budaya Jambi, yakni menyajikan produk-produk khas Jambi dengan penyajian modern tetapi yang disajikan tetap mengikutsertakan unsur budaya Jambi," kata Al Haris.


Video Terkait:
Terbukti Tahan Banting, DPRD Kaltim Desak Pemerintah Memperhatikan UMKM
Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo