POLHUKAM

Lirik Anies Baswedan, Zulkifli Hasan Ingin Selamatkan PAN

Erick Thohir dan Gubernur DKI Anies Baswedan hadir dalam acara PAN. (Istimewa)
Erick Thohir dan Gubernur DKI Anies Baswedan hadir dalam acara PAN. (Istimewa)


JAKARTA - Keinginan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan mengusung Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sebagai calon presiden di Pemilihan Umum 2024, hanya untuk menyelamatkan PAN agar tetap eksis di pentas politik nasional.

Pengamat politik dari Citra Institute, Efriza mengatakan, PAN berharap mendapatkan efek elektoral dari dukungan pemilih Islam yang turut mendukung Anies Baswedan.

"Sebab, PAN terancam tak lolos Parliamentary Threshold (PT) di pilpres 2024," kata Efriza saat diwawancarai Info Indonesia, Sabtu (30/7/2022).

Melihat peta politik saat ini, kata Efriza, PAN memiliki keinginan yang besar, yakni menarik simpatisan Anies Baswedan yang dulunya sempat mendukung PKS dan Nasdem di Pilgub DKI.

"PAN lebih berharap efek ekor jas saja dari pemilih Islam yang mendukung Anies," kata dia.


Menurutnya, saat ini Zulkifli Hasan tidak berani terbuka untuk menunjukkan dukungannya kepada Anies Baswedan. Sebab, kata Efriza, ada kekhawatiran Zulkifli bahwa jika dipublikasikan posisinya sebagai menteri akan digeser.

Selain itu, kata Efriza, PAN masih menunggu dinamika politik yang terjadi antara Koalisi Indonesia Bersatu dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Pemerintah. Kendati begitu, Zulhas sejatinya tetap ingin Anies Baswedan bisa masuk menjadi kandidat capres dari KIB.

"Pesan-pesan komunikasi politik terselubung disampaikannya agar tetap diperhitungkan oleh Anies Baswedan sebagai bagian partai calon pendukungnya," kata dia.


Video Terkait:
Daftar Nama Korban Ritual di Bibir Pantai Payangan
Editor: Saeful Anwar