POLHUKAM

Menhub Minta SDM Perhubungan Kembangkan Potensi Diri

Menhub Budi Karya Sumadi. (Antara/Azmi Samsul Maarif)
Menhub Budi Karya Sumadi. (Antara/Azmi Samsul Maarif)


TANGERANG - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, meminta sumber daya manusia (SDM) perhubungan terus menggali dan mengembangkan potensi diri guna menjadi sosok multi-talenta.

"Saya secara khusus datang ke sini karena melihat adik-adik ini penuh potensi yang luar biasa. Kita harus memberikan kesempatan mereka dengan baik untuk bisa terus mengembangkan potensi yang dimiliki," ujarnya saat kunjungan ke Politeknik Penerbangan Indonesia Curug (PPIC) di Tangerang, Banten, Minggu (31/7/2022).

Menhub mengatakan, hal itu sesuai visi misi Presiden Joko Widodo yang menganjurkan Merdeka Belajar untuk memberikan kesempatan kepada generasi muda ataupun mahasiswa memiliki talenta/keahlian lebih dari satu.

"Apalagi Presiden menganjurkan kita untuk melakukan merdeka belajar, sebagai upaya memberikan kesempatan pada para mahasiswa," ujarnya.

Dengan talenta yang lebih bervariasi, Menhub pun berharap SDM perhubungan di Indonesia dapat mendukung peningkatan konektivitas sesuai yang diharapkan.


"Di samping itu dapat memenangkan persaingan dengan SDM di skala internasional," ujarnya.

Menhub mencontohkan kepada para siswa/i taruna di PPI Curug, bahwa ada seorang istri pilot yang tidak berpuas diri dengan penghasilan sang suami, sehingga dirinya mengelola uangnya untuk dijadikan usaha kargo. Yang kini, usaha tersebut sudah meraup omzet hingga Rp1 triliun per tahunnya.

"Kalian juga harus punya mimpi, wujudkan mimpi itu, fokus belajar dan memperbanyak kemampuan soft skill lain," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Menhub juga melakukan peninjauan hanggar atau tempat penyimpanan pesawat di Bandar Udara Budiarto Curug, di mana tempat tersebut akan dikembangkan sebagai angkutan kargo dan Maintenance Repair and Overhaul (MRO) yang bekerja sama dengan pihak swasta.

Menhub menjelaskan, di tengah keterbatasan APBN, Kemenhub terus melakukan kreasi keuangan dengan melakukan kerja sama dengan pihak swasta.

"Saya harapkan MRO yang akan dilakukan bisa menambah pemasukan bagi negara. Yang tidak kalah penting bisa memberikan kesempatan kerja yang lebih banyak bagi adik-adik dan orang sekitar," katanya.

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo