POLHUKAM

PKS Daftar ke KPU Dengan Pawai Kebudayaan Betawi

Suasana prosesi Palang Pintu Betawi saat Partai Keadilan Sejahtera tiba di Kantor KPU, Jakarta, Senin (1/8/2022). (Foto: Putu Indah Savitri / Antara)
Suasana prosesi Palang Pintu Betawi saat Partai Keadilan Sejahtera tiba di Kantor KPU, Jakarta, Senin (1/8/2022). (Foto: Putu Indah Savitri / Antara)


JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tiba di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jalan Imam Bonjol No. 29, Jakarta, Senin (1/8/2022), untuk mendaftarkan diri menjadi peserta Pemilu 2024.

PKS datang dengan pawai kebudayaan Betawi. Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan Sekretaris Jenderal DPP PKS Habib Aboe Bakar Alhabsy turut hadir dalam pawai yang diiringi oleh musik hadroh.

Sebelum memasuki kantor KPU, terdapat pertunjukan tradisi palang pintu Betawi yang diawali dengan adu pantun. Saat adu pantun, ada pembahasan mengenai PKS yang sudah melengkapi syarat-syarat pendaftaran sebagai peserta Pemilu 2024 dan verifikasi partai politik.

Setelah adu pantun, terdapat tampilan silat yang dilanjutkan dengan rombongan PKS memasuki kantor KPU.

Selain PKS, partai politik yang telah tiba di kantor KPU untuk melakukan pendaftaran sebagai peserta Pemilu 2024, yakni PDIP, Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) dan Partai Reformasi 


Sebelumnya, PDIP tiba di Gedung KPU RI di Jakarta, Senin, pukul 08.00 WIB dengan konvoi bernuansa kebudayaan, seperti pakaian adat, angklung, serta terdapat penampilan marching band.

Sebelumnya, KPU menyebutkan sembilan partai politik nasional mendaftar ke KPU pada hari pertama tahapan pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2024, Senin.

"Jadi nanti pada 1 Agustus 2022, pada hari pertama, berdasarkan surat permohonan dan informasi yang disampaikan kepada kami melalui help desk pendaftaran parpol, maka akan ada sembilan partai politik yang akan mendaftar," kata Anggota KPU Idham Holik di Jakarta, Jumat (29/7/2022).


Video Terkait:
PPP Harus Mampu Adptasi di 2024
Editor: Saeful Anwar