OLAHRAGA

Waspada Serangan Balik Negeri Singa

Piala AFF U-16: Indonesia vs Singapura

Laga Grup A Piala AFF U-16 2022 antara Indonesia vs Filipina di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Minggu (31/7/2022). (PSSI)
Laga Grup A Piala AFF U-16 2022 antara Indonesia vs Filipina di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Minggu (31/7/2022). (PSSI)


JAKARTA - Tim nasional Indonesia U-16 akan menghadapi laga kedua Piala AFF U-16 menghadapi Singapura di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, malam ini pukul 20.00 WIB. Kemenangan dua gol tanpa balas atas Filipina di laga perdana menjadi modal berharga Garuda Asia menjalani lagi kali ini.

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, menyebut akan merotasi pemain saat menghadapi Singapura untuk mengantisipasi laga berikutnya melawan Vietnam. Namun, Bima tidak merinci siapa pemain dan posisi mana yang akan digantinya untuk pertandingan tersebut.

Yang pasti, juru taktik berusia 46 tahun itu meminta para pemain yang diturunkan pada pertandingan kontra Singapura menunjukkan permainan maksimal. Menurutnya, laga tersebut sangat penting sebagai modal menuju semifinal.

"Kami harus memaksimalkan laga lawan Singapura, baru fokus ke pertandingan melawan Vietnam," ungkap Bima usai memimpin latihan timnya di Stadion Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Selasa (2/8/2022).

Menghadapi Negeri Singa, Bima menyatakan akan menerapkan formasi 4-1-4-1 dalam bertahan. "Itu formasi saat bertahan. Namun, itu akan fleksibel. Jadi, nanti kami sengaja membiarkan penyerang kami turun. Lalu ketika lawan menyerang, kami akan menutup sisi kanan maupun kiri," kata pelatih timnas Indonesia di Piala AFF 2018 itu.


Bima mengatakan, skuadnya juga mengantisipasi serangan balik Singapura karena sang lawan diperkirakan akan bermain bertahan. Apalagi, Singapura memiliki pemain cepat yang berbahaya dalam situasi 'counter attack'. Salah satunya adalah penyerang mereka yang bernomor punggung 9, Muhammad Qaisy bin Noranzor. Qaisy bermain selama 85 menit saat Singapura berlaga kontra Vietnam tetapi dia tidak mencetak gol.

"Artinya, kami akan menyerang, tetapi kami mesti memperhitungkan kualitas Singapura, apalagi mereka bisa membuat gol saat melawan Vietnam, meski akhirnya kalah dengan skor 1-5. Kami mesti menjaga pemain nomor 9 yang cepat," tutur Bima.

Bima menegaskan, pihaknya sudah mengetahui gaya bertanding Singapura yang dipelajarinya dari rekaman video pertandingan melawan Vietnam. Dia menyebut Singapura adalah tim yang bagus dan tak boleh dipandang sebelah mata.

"Kami tak boleh menganggap remeh mereka," ujar Bima.

Bima juga berharap suporter memadati Stadion Maguwoharjo untuk menyaksikan pertandingan setelah PSSI menurunkan harga tiket. Kehadiran suporter penting bagi anak-anak asuhnya karena bisa meningkatkan semangat juang mereka di lapangan.

"Jika semakin banyak penonton, pemain akan lebih termotivasi," tutur Bima.

PSSI memutuskan untuk menurunkan harga tiket Piala AFF U-16 2022 setelah pertandingan perdana Indonesia di turnamen tersebut melawan Filipina, Minggu (31/7/2022), hanya dihadiri oleh sekitar 1.400 penonton. Situasi tersebut membuat stadion tampak lowong karena kapasitas arena yang dibuka pada 2007 itu lebih dari 32.000 orang.

Pada laga kontra Filipina, harga tiket yang ditetapkan PSSI adalah di rentang Rp50-100 ribu. Rinciannya, karcis tribun barat (Gerbang/Gate 1 dan 4) dihargai Rp 100 ribu dan untuk tribun timur (Gate 2 dan 3) dihargai Rp75 ribu. Sementara harga Rp50 ribu ditujukan untuk tribun utara dan selatan.

Setelah diturunkan, harga tiket tribun utara (Gate 4) dan selatan (Gate 2) berubah menjadi Rp37.500. Untuk dua kelompok ini, terdapat program gratis satu jika beli tiga tiket. Namun, harga tiket tribun utara Gate 3 serta tribun selatan Gate 1 tetap Rp50 ribu.

Lalu, tribun timur Gate 3 menjadi Rp60 ribu dengan paket beli empat tiket gratis satu. Selanjutnya, harga tiket tribun timur Gate 2 tetap Rp75 ribu. Kemudian, untuk tribun barat tidak berubah yaitu Rp100 ribu. PSSI hanya menyediakan tiket daring, tak ada pembelian di lokasi pertandingan.

Artikel ini juga bisa Anda baca di Koran Info Indonesia edisi Rabu, 3 Agustus 2022.

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo