POLHUKAM

Prabowo Resmi Daftarkan Gerindra Jadi Peserta Pemilu 2024

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) bersama Ketum PKB Muhaimin Iskandar (kanan) saat jumpa pers di KPU RI, Senin (8/8/2022). (Info Indonesia / Akbar Budi P)
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) bersama Ketum PKB Muhaimin Iskandar (kanan) saat jumpa pers di KPU RI, Senin (8/8/2022). (Info Indonesia / Akbar Budi P)


JAKARTA - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto telah resmi mendaftarkan partainya sebagai calon peserta pemilu serentak 2024, ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

"Baru saja kami dari Partai Gerindra dan kawan-kawan dari Partai Kebangkitan Bangsa telah datang ke KPU dan mendaftarkan diri sebagai peserta pemilu," kata Prabowo saat konferensi pers di Kantor KPU, Senin (8/8/2022).

Dia mengapresiasi kinerja KPU dalam menyelenggarakan tahapan pendaftaran ini. Selain itu, Prabowo meyakini bahwa PKB memiliki pikirannya yang sama dengan dirinya. Dia mengatakan Gerindra dan PKB ingin pemilu 2024 tetap berjala sesuai jadwal yang telah ditentukan.

"Saya sampaikan kepada pimpinan KPU, penghargaan kita atas kerja keras KPU dan kita pun sebagai peserta pemilu dan saya yakin kawan-kawan dari PKB juga semangatnya, kiya ingin jadi peserta pemilu yang baik beserta pemilu yang patuh sama semua ketentuan," kata Prabowo.

Menteri Pertahanan RI itu mengatakan, tahapan pendaftaran ini merupakan bagian dari proses demokrasi yang dapat diikuti seluruh masyarakat Indonesia. 


"Kami tadi menyampaikan bahwa proses ini adalah bagian dari demokrasi dari pelaksanaan kedaulatan rakyat," kata Prabowo.

Diketahui, Partai Gerindra merupakan partai ke-17 yang mendaftarkan diri ke KPU sebagai calon peserta pemilu serentak 2024.

Sebelumnya ada sudah ada 16 partai politik yang melakukan pendaftaran diantaranya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Keadilan dan Persatuan (PKP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Nasional Demokrasi (Nasdem).

Selanjutnya, Partai Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Reformasi, Partai Negeri Daulat Indonesia (Pandai),Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Gerakan Perubahan (Garuda), Partai Demokrat, Partai Gelora, Partai Republiku Indonesia, Partai Demokrasi Rakyat Indonesia, dan Partai Hanura.


Video Terkait:
Ketua KPU Diberhentikan
Editor: Saeful Anwar