POLHUKAM

Soal Capres KIB, Ketum Golkar: Itu Chapter Terakhir

Ketum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, bersama Ketum PAN, Zulkifli Hasan, dan Ketum PPP, Suharso Monoarfa, di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (10/8/2022). (Info Indonesia/Akbar Budi P)
Ketum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, bersama Ketum PAN, Zulkifli Hasan, dan Ketum PPP, Suharso Monoarfa, di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (10/8/2022). (Info Indonesia/Akbar Budi P)


JAKARTA - Penentuan calon Presiden menjadi agenda terakhir bagi Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Saat ini, koalisi yang dibentuk Golkar, PAN dan PPP masih fokus pada hal yang lain.

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengatakan, komunikasi di KIB terdiri dari beberapa chapter. Sejauh ini, kata dia, KIB sudah melaksanakan chapter pertama dengan mendeklarasikan koalisi, selanjutnya akan menyampaikan visi misi koalisi. Baru setelah itu, chapter akhir yakni pengumuman capres dan cawapres.

"Saya sampaikan bahwa tadi yang ditanya (capres KIB) itu chapter berikutnya, sudah menjelang akhir," kata Airlangga kepada wartawan di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (10/8/2022).

Menko Perekonomian itu pun lantas menyebut soal agenda lanjutan dari KIB.  Namun, dia tidak menyebut apakah acara di Surabaya pada 14 Agustus nanti akan ada deklarasi pencapresan atau hal lain. 

 "Tunggu nanti tanggal 14 (Agustus) ada agenda lanjutan di Surabaya terkait dengan apa dari isi yang akan dibawa oleh KIB" kata Airlangga


"Deklarasi capres itu chapter terakhir."

Airlangga berharap pemilu dan pilpres 2024 bisa menjadi ruang untuk adu gagasan, ide untuk membangun Indonesia kedepannya.

"Pemilu ini kita akan mendorong supaya menjadi pemilu adu ide dan gagasan baik itu dalam pileg maupun pilpres," kata dia.

"Jadi KIB akan mendorong politik gagasan ke depan. Istilahnya pak Soeharso tadi politik yang cerdas," kata Airlangga.

Editor: Saeful Anwar