POLHUKAM

KPU: Ada 9 Parpol Belum Ajukan Permohonan Pendaftaran

Komisi Pemilihan Umum. (Net)
Komisi Pemilihan Umum. (Net)


JAKARTA - Sampai dengan hari ke-11 tahapan pendaftaran peserta pemilihan umum 2024, sebanyak 23 partai politik telah menyerahkan dokumen pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Anggota KPU RI, August Mellaz mengatakan, dari 42 partai politik nasional yang telah mengaktivasi akun Sipol, kata dia, terdapat 23 parpol yang sudah melakukan pendaftaran ke KPU.

"Sampai dengan 14 Agustus 2022, pada saat penutupan pendaftaran, tercatat dalam konfirmasi KPU ada 10 parpol yang akan melakukan pendaftaran," kata dia kepada wartawan, Kamis (11/8/2022).

KPU masih menunggu konfirmasi pendaftaran dari sisa parpol pemegang akun Sipol lainnya. "Sampai saat ini, KPU RI belum menerima konfirmasi pendaftaran."

Disebutkan oleh anggota KPU RI Idham Holik bahwa 17 partai politik telah dinyatakan lengkap dokumennya dan dapat didaftar. Sementara itu, 6 dari 23 parpol yang telah mendaftar masih belum lengkap dokumen pendaftarannya.


Dengan demikian, kata Idham Holik, sudah ada 23 parpol yang mendaftar. Sebanyak 17 parpol dinyatakan lengkap dokumennya dan 6 parpol dokumennya saat ini sedang melengkapi.

"Kami berikan kesempatan sampai batas waktu akhir pendaftaran," kata Idham.

"Ada 9 parpol yang belum menyampaikan surat pemberitahuan rencana pendaftarannya," kata Idham. 

Berikut partai politik yang belum menyampaikan surat permohonan pendaftaran ke KPU:

  1. Partai Pergerakkan Kebangkitan Desa
  2. Partai Kedaulatan
  3. Partai Mahasiswa Indonesia
  4. Partai Pelita
  5. Partai Pemersatu Bangsa
  6. Partai Rakyat
  7. Partai Damai Sejahtera Pembaharuan
  8. Partai Masyumi
  9. Partai Kongres

Video Terkait:
Ketua KPU Diberhentikan
Editor: Saeful Anwar