POLHUKAM

Partai Buruh Mau Bawa Ribuan Massa, KPU Imbau Parpol Tertib

Partai Buruh. (Net)
Partai Buruh. (Net)


JAKARTA - Partai Buruh berencana akan membawa 1.000 simpatisan saat melakukan pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI siang ini, Jumat (12/8/2022). 

Kendati begitu, Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik menegaskan bahwa KPU RI hanya memperboleh setiap partai membawa perwakilan maksimal 50 orang.

"Kami tegaskan bahwa kami akan secara konsisten menerapkan SOP (Standar Operasional Prosedur) yang kami tetapkan, yang bisa memasuki halam kantor KPU RI. Pertama hanya 12 orang yang bisa mengikuti prosesi pendaftaran parpol di lantai 2 dan kedua 50 orang yang diperkenankan menunggu di halaman kantor KPU RI," jelas Idham saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (12/8/2022).

Dia juga mengimbau kepada seluruh partai politik untuk mematuhi seluruh aturan tahapan pendaftaran. Hal itu diharapkan bisa menciptakan ketertiban dan kenyamanan bagi seluruh calon peserta pemilu yang mendaftar ke KPU RI.

"Kami menghimbau parpol harus menjaga ketertiban dan kenyamanan. Kita tidak boleh mengganggu pihak lain yang seharusnya menggunakan fasilitas jalan," imbau Idham.


"Karena ketertiban dan kenyamanan ini juga merepresentasikan cara kita berdemokrasi," tambah Idham.

Anggota KPU RI itu juga menghimbau kepada seluruh partai politik yang akan ke KPU dan membawa massa untuk terlebih dahulu melaporkan kepada pihak kepolisian.

"karena akan adanya iring-iringan massa, maka sebagainya memberikan surat pemberitahuan kepada pihak kepolisian RI," tandas Idham.

Editor: Amelia