POLHUKAM

PILPRES 2024

Deklarasi Koalisi Akhir Pekan

Wakil Sekjen PKB, Syaiful Huda. (PKB Jabar)
Wakil Sekjen PKB, Syaiful Huda. (PKB Jabar)


JAKARTA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan Partai Gerindra bakal menggelar deklarasi koalisi untuk Pilpres 2024 di Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu (13/8/2022).

Menurut Wakil Sekjen PKB, Syaiful Huda, deklarasi digelar sehari setelah Partai Gerindra menyelesaikan agenda rapimnas pada 12-13 Agustus 2022.

"Waktu deklarasi ini sehari setelah kawan-kawan Gerindra menyelesaikan rapimnas mereka," kata Ketua Komisi X DPR RI itu kepada wartawan di Jakarta, Kamis (11/8/2022).

Huda mengatakan, PKB menghormati Rapimnas Partai Gerindra, sehingga kedua partai sepakat menggelar deklarasi setelah partai yang dipimpin Prabowo Subianto itu selesai menyelesaikan agenda internal.

Adapun, jalinan kerja sama PKB-Gerindra dibangun melalui komunikasi secara bertahap agar kedua partai tidak merasa ada yang dirugikan.


Menurut Huda, proses komunikasi awal melalui pertemuan Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, dan Ketum PKB, Muhaimin Iskandar. Setelah itu, proses komunikasi dilanjutkan dengan pertemuan pengurus dari tingkat pusat hingga daerah.

"Kemudian kemarin kami baru saja daftar bareng sebagai parpol peserta Pemilu 2024 ke KPU dan nanti akan diresmikan melalui deklarasi bersama dengan penandatangan kesepakatan kerja sama politik hitam di atas putih," jelasnya.

Huda mengatakan, deklarasi PKB-Gerindra akan dihadiri ribuan kader dan dua ketum partai akan menyampaikan orasi politik.

"Nantinya selain dibacakan piagam deklarasi, Pak Prabowo dan Gus Muhaimin akan menyampaikan orasi politik tentang visi mereka tentang Indonesia," imbuh Huda yang juga Ketua DPW PKB Jawa Barat. 

Artikel ini juga bisa Anda baca di Koran Info Indonesia edisi Jumat, 12 Agustus 2022.

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo