POLHUKAM

Presiden Tidak Masalah Dianggap Merestui Menhan Nyapres

Presiden RI, Joko Widodo (kiri) dan Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto (kanan)
Presiden RI, Joko Widodo (kiri) dan Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto (kanan)


JAKARTA - Presiden Joko Widodo tidak keberatan dianggap memberi restu kepada Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto untuk maju sebagai calon presiden di Pilpres 2024.

Kepala Negara mengatakan, sistem demokrasi memang seperti itu. Tidak mungkin dirinya sebagai Presiden mengatakan tidak ketika ada menteri yang menyampaikan keinginannya maju dalam pilpres.

"Istilahnya, saya kira, karena menyampaikan kepada saya, masa saya bilang jangan. Ndak, kan enggak begitu. Ya, silakan," kata Jokowi di Jakarta, Jumat (12/8/2022).

"Silakan bahwa itu ditafsirkan sebagai restu. Ya silakan saja," ujar Jokowi.

Nama Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo diharapkan maju sebagai capres dan cawapres pada Pilpres 2024.


Sekjen DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan Rapimnas Partai Gerindra, yang dihadiri 8.500 kader, menghendaki Prabowo Subianto maju sebagai capres. Rapimnas itu digelar di Sentul International Convention Center, Jawa Barat, Jumat.

Muzani mengatakan salah satu hal yang melandasi suara kader Gerindra bulat mendukung Prabowo sebagai capres ialah karena sosok mantan Pangkostrad itu dinilai populer dari hasil survei dan tidak pernah bergeser dari komitmen menjaga keutuhan negara RI.

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengklaim bahwa Presiden Jokowi mengizinkan Prabowo Subianto untuk kembali mencalonkan diri pada Pilpres 2024.

Bahkan izin itu, sebut Dasco, diberikan ketika Jokowi bertanya langsung kepada Prabowo ihwal rencananya untuk kembali maju pada kontestasi nasional mendatang.

"Ya, Pak Prabowo pernah ditanya (oleh Presiden) maju, enggak? Dia bilang kalau Bapak mengizinkan. Dan ternyata, kan, diizinkan untuk maju," kata Dasco dilansir kompas.id, Jumat (12/8/2022).


Video Terkait:
Ubedilah Badrun Dilaporkan Relawan Jokowi Mania ke Polisi
Editor: Saeful Anwar