WARNA-WARNI

Presiden Jokowi: Gelar Juara Piala AFF U-16 Jadi Kado HUT RI

Presiden RI, Joko Widodo. (Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden RI, Joko Widodo. (Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)


JAKARTA - Presiden RI, Joko Widodo memberikan ucapan selamat kepada tim nasional U-16 Indonesia yang berhasil menjuarai Piala AFF U-16 2022, dan menyebutnya sebagai kado bagi HUT RI.

"Selamat kepada timnas sepak bola U16 Indonesia yang telah mempersembahkan gelar juara Piala AFF U16 2022 dengan mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0 pada partai final di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta," tulis Presiden Jokowi di Akun Twitter miliknya @jokowi, Sabtu (13/8/2022).

"Gelar juara Piala AFF U16 2022 ini jadi sebentuk kado HUT Kemerdekaan."

Sebelumnya, Indonesia sukses menjadi juara Piala AFF U-16 2022, setelah mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0, pada laga final di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (12/8/2022) malam.


Satu-satunya gol pada laga puncak, dilesakkan oleh gelandang Muhammad Kafiatur Rizky.

Dengan demikian, Indonesia sudah mengoleksi dua gelar juara Piala AFF U-16.

Sebelumnya, mereka menjadi kampiun di Piala AFF U-16 tahun 2018 yang digelar di Sidoarjo, Jawa Timur.

Trofi kampiun Indonesia pun menjadi spesial untuk sang pelatih, Bima Sakti karena itu menjadi piala juara perdananya selama berkarier sebagai juru taktik.

Bima Sakti bahkan mengatakan bahwa anak-anak asuhnya ingin menjuarai Piala AFF U-16 2022 dan menjadikannya hadiah untuk HUT RI.

"Saya meminta kepada para pemain untuk memberikan yang terbaik di final karena kesempatan tidak datang dua kali. Saya berharap mereka mengukir prestasi terbaik untuk karier dan itu akan menjadi hadiah kemerdekaan bangsa Indonesia," kata Bima kala itu.

Anak-anak asuh Bima sukses membayar lunas ucapan sang pelatih dan mengalahkan Vietnam.

Selain gelar juara, bek tengah sekaligus kapten timnas U-16 Indonesia Muhammad Iqbal Gwijangge juga dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Piala AFF U-16 2022.


Video Terkait:
Ubedilah Badrun Dilaporkan Relawan Jokowi Mania ke Polisi
Editor: Saeful Anwar