POLHUKAM

Keluhkan Sipol KPU RI, Sekjen Partai Kongres: Enggak Nyambung

Ketua Umum Partai Kongres Zakariani Santoso (kiri) bersama dengan Sekretaris Jenderal Partai Kongres Dharmo L Marta Perwira. (Info Indonesia)
Ketua Umum Partai Kongres Zakariani Santoso (kiri) bersama dengan Sekretaris Jenderal Partai Kongres Dharmo L Marta Perwira. (Info Indonesia)


JAKARTA - Partai Kongres mengeluhkan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) yang digunakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada tahapan pendaftaran sebagai calon peserta pemilu 2024. 

"Sipolnya mungkin belum sempurna artinya banyak partai-partai politik yang masuk ke Sipol itu terganggu oleh sistem, mungkin sinyalnya, entah apa ya, sehingga kita mau upload kadang-kadang suka nggak nyambung gitu," keluh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Kongres, Dharmo L Marta Perwira usai mendaftarkan ke KPU, Sabtu (13/8/2022).

Karena kerap alami kesulitan ketika mengupload data ke Sipol. Dharmo meminta agar KPU melakukan perbaikan terhadap Sipol. Hal itu dilakukan agar partai politik meng-upload ke Sipol lebih mudah.

"Sehingga parpol ketika mengupload data dengan mudah," jelas dia.

Seharusnya, lanjut dia, setiap harinya KPU melakukan update terhadap Sipol yang digunakan itu. Dia menceritakan, ketika meng-upload data partainya ke Sipol kerap gagal. Dirinya pun tidak mengetahui sebab musababnya data yang dikirim itu selalu gagal.


"Ini kan kadang-kadang kita masuk data nggak masuk, mungkin karena sinyalnya entah apa keganggu gitu," kata dia. 

Editor: Amelia