DAERAH

BMKG Deteksi 73 Titik Panas di Kaltim

Sebaran titik panas di Kabupaten Kutai Timur yang dirilis BMKG Balikpapan, Minggu (14/8/2022). (Antara/BMKG Balikpapan)
Sebaran titik panas di Kabupaten Kutai Timur yang dirilis BMKG Balikpapan, Minggu (14/8/2022). (Antara/BMKG Balikpapan)


BALIKPAPAN - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi adanya 73 titik panas yang tersebar pada lima kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur dan semuanya memiliki tingkat kepercayaan menengah.

"Sebanyak 73 titik panas tersebut terpantau Sabtu (13/8/2022) mulai pukul 01.00 wita hingga pukul 24.00 wita," kata Prakirawan Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan, Ilham Rosihan Fachturoni, di Balikpapan, Minggu (14/8/2022).

Sebaran 73 titik panas tersebut langsung diinformasikan ke pihak terkait, terutama kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), baik di tingkat Provinsi Kaltim maupun kabupaten setempat agar mendapat penanganan lebih lanjut.

Dua hari sebelumnya pihaknya juga mendeteksi 31 titik panas tersebar pada lima kabupaten dan langsung diinformasikan ke pihak terkait, sehingga titik panas tersebut sudah hilang, sedangkan 73 titik panas yang terpantau kemarin hingga tadi malam, merupakan titik panas yang berada di lokasi berbeda dan tersebar pada delapan daerah.

Adapun delapan daerah yang terdeteksi 73 titik panas itu adalah di Kota Balikpapan dan Samarinda masing-masing satu titik, Kabupaten Paser dua titik, Kutai Timur 27 titik, Kutai Barat dua titik, Kutai Kartanegara 20 titik, Berau 10 titik dan Kabupaten Mahakam Ulu 10 titik.


Rincian per daerah adalah satu titik panas di Balikpapan berada di Kecamatan Balikpapan Barat, satu titik di Samarinda ada di Kecamatan Palaran, dua titik di Kutai Barat berada di Kecamatan Muara Pahu, dua titik di Paser berada di Kecamatan Batu Engau.

Kemudian 10 titik panas yang terdeteksi di Mahakam Ulu tersebar pada tiga kecamatan yakni Long Pahangai ada enam titik, Long Apari ada satu titik dan Laham terdapat tiga titik.

Selanjutnya di Kutai Timur yang terdeteksi 27 titik panas tersebar pada tujuh kecamatan yakni satu titik di Kecamatan Teluk Pandan, 10 titik di Kecamatan Telen, dua titik di Rantau Pulung, tiga titik di Muara Wahau, delapan titik di Kongbeng, dua titik di Kaubun dan satu titik di Kecamatan Busang.

Untuk 20 titik di Kutai Kartanegara tersebar pada sembilan kecamatan yakni Muara Wis, Loa Kulu, Anggana dan Kenohan masing-masing satu titik, Kecamatan Kota Bangun terdeteksi empat titik. Kemudian di Kecamatan Loa Janan terdeteksi lima titik, Kecamatan Marangkayu terdeteksi dua titik, Kecamatan Muara Badak satu titik dan Kecamatan Muara Kaman terdeteksi empat titik.

"Untuk Kabupaten Berau yang terdeteksi 10 titik panas tersebar pada enam kecamatan yakni Kecamatan Biduk-Biduk, Kelay, Sambaliung dan Tabalar masing-masing satu titik, Kecamatan Segah dan Talisayan masing-masing ada tiga titik panas," kata Ilham.


Video Terkait:
Gempa Yogyakarta, Warga Panik Lari ke Luar Rumah
Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo