POLHUKAM

Pemilu 2024 Jadi Titik Balik Partai Hanura

Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang. (Detik.com)
Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang. (Detik.com)


JAKARTA - Pemilihan Umum 2024 dapat menjadi titik balik bagi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). Namun, Oesman Sapta Odang (OSO) selaku ketua umum harus membuat langkah-langkah strategis. 

"Hanura dapat melakukan berbagai langkah-langkah positif untuk menjadi titik balik dari terperosok, sehingga diperhitungkan kembali di kancah politik nasional," kata pengamat politik dari Citra Institute, Efriza, saat dihubungi Info Indonesia, Senin (15/8/2022).

Menurut dia, Ketum Partai Hanura harus membuat gebrakan-gebrakan dan para kadernya perlu melakukan kerja-kerja nyata yang langsung menyentuhkan masyarakat. Hal ini bisa mempengaruhi perolehan suara Partai Hanura di pemilu mendatang.

"Untuk membangun kekuatan Partai Hanura di daerah-daerah," ujar Efriza.

Selain itu, OSO perlu melakukan langkah-langkah politik, salah satunya menjalin komunikasi dengan parpol lainnya. Disampaikan Efriza, Hanura memiliki daya tarik untuk menjadi parpol besar. 


"OSO juga harus melakukan langkah-langkah kerja politik membangun hubungan baik dengan partai-partai di tingkat nasional," jelas Efriza.

Di satu sisi, Efriza menilai jika OSO memiliki kekutan finansial yang bisa digunakan untuk mendongkrak perolehan suara partainya di Pemilu 2024. Selain juga karena OSO memiliki rekam jejak yang cemerlang di perpolitikan nasional dengan pernah menjabat sebagai Ketua DPD RI dan Wakil Ketua MPR RI. 

"Momentum titik balik ini besar karena OSO punya kekuatan finansial. Rekam jejaknya yang jelas, kepemimpinannya yang juga sudah diakui dalam kancah nasional," tandasnya.


Video Terkait:
Mendagri Tegaskan Pemilu 2024 Tetap Berlangsung
Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo