WARNA-WARNI

SBY Puji Pelaksanaan Upacara HUT ke-77 RI di KBRI Kuala Lumpur

Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (kedua kanan) didampingi Duta Besar RI untuk Malaysia Hermono (kanan) berbicara dengan Paskibra Sekolah Indonesia Kuala Lumpur di KBRI Kuala Lumpur, Rabu (17/8/2022). (Foto: Virna Setyorini / Antara)
Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (kedua kanan) didampingi Duta Besar RI untuk Malaysia Hermono (kanan) berbicara dengan Paskibra Sekolah Indonesia Kuala Lumpur di KBRI Kuala Lumpur, Rabu (17/8/2022). (Foto: Virna Setyorini / Antara)


KUALA LUMPUR - Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memuji pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-77 RI di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur yang khidmat, tertib dan tidak ada kesalahan.

"Kalau saya diminta menyampaikan kesan saya. Pertama-tama kesan saya itu adalah upacara tadi. Upacaranya bagus. Bagus karena khidmat, tertib tidak ada kesalahan," kata SBY saat mengikuti syukuran HUT ke-77 Kemerdekaan RI  di KBRI Kuala Lumpur, Rabu (17/8/2022).

Menurut SBY, upacara yang baru diikutinya tersebut tetap berkesan megah, meskipun tempat pelaksanaannya tidak terlalu luas. "Tapi ini betul-betul membanggakan. So, selamat!" kata SBY.

Upacara peringatan Hari Kemerdekaan hanya satu kali dalam setahun. Namun, dia mengatakan, kalau diselenggarakan seperti yang baru saja dilaksanakan tentu semua harus bersyukur dan bangga.

Disampaikan SBY, berjalannya upacara dengan baik tentu tidak terlepas dari kepemimpinan duta besar dan juga kerja keras dari mereka yang ahli dalam upacara militer, yakni jajaran TNI dan Polri di KBRI Kuala Lumpur yang ikut membantu.


"Saya justru ingin mengucapkan terima kasih. Karena saya beserta delegasi, termasuk tim bola voli LavAni diizinkan untuk ikut merayakan Hari Kemerdekaan di Kedutaan Besar yang kita banggakan ini," ujar SBY.

Upacara peringatan HUT RI di KBRI Kuala Lumpur yang dimulai sekitar pukul 09.30 waktu setempat, diikuti oleh staf kedutaan besar, sejumlah pelajar dan perwakilan Warga Negara Indonesia yang ada di Kuala Lumpur.

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Malaysia Hermono bertindak sebagai inspektur upacara, sedangkan Atase Pertahanan KBRI Kuala Lumpur Kolonel Kav. Guruh Prabowo Wirajati menjadi komandan upacara.

Sementara itu, yang bertugas mengibarkan bendera Merah Putih yakni Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang merupakan 10 pelajar dari Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL).

Ikut dalam delegasi SBY, beberapa politisi Partai Demokrat sekaligus mantan menteri dan duta besar RI antara lain Andi Alfian Mallarangeng, Dino Patti Jalal, Hatta Rajasa, Djoko Suyanto, Purnomo Yusgiantoro, Andi Arief dan beberapa lainnya.

Editor: Saeful Anwar