DAERAH

Haru, Tri Adhianto Ajak Veteran Kobarkan Semangat Kemerdekaan

Veteran pejuang Bekasi, Parlin, memberikan sambutan saat Upacara HUT Ke-77 Kemerdekaan RI di Alun-alun Kota Bekasi, Rabu (17/8/2022). (Antara/Pradita Kurniawan Syah)
Veteran pejuang Bekasi, Parlin, memberikan sambutan saat Upacara HUT Ke-77 Kemerdekaan RI di Alun-alun Kota Bekasi, Rabu (17/8/2022). (Antara/Pradita Kurniawan Syah)


BEKASI - Pelaksana Tugas Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, mengajak veteran untuk naik ke atas podium dan memberikan sambutan dalam Upacara Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. 

"Saya mempersilakan Bapak untuk memberikan sambutan semangat bagi para hadirin peserta upacara," kata Tri saat Upacara Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI di Alun-alun Kota Bekasi, Rabu (17/8/2022).

Seorang pejuang kemerdekaan bernama Parlin, mewakili rekan-rekan veteran yang diundang mengikuti upacara kemerdekaan mengaku bangga telah diberi kesempatan naik podium saat momentum yang bersejarah. Dirinya mengucap syukur masih dapat melihat semangat para anggota paskibra yang sukses membawa serta mengibarkan Bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya.

"Terima kasih telah mengingatkan arti kemerdekaan ini, terima kasih para penerus bangsa sudah cinta dengan perjuangan kami saat dulu melawan penjajah dan terima kasih hingga saat ini telah menghargai perjuangan kami. Dengan kemeriahan kemerdekaan ini kita menjadi bangsa yang selalu ingat perjuangan pahlawan," kata Parlin.

Menurut Parlin, seperti yang disampaikan Plt Wali Kota Bekasi bahwa sebagai penerus bangsa yang baik sudah semestinya mengenal bangsa dari sejarah. Terlebih Kota Bekasi juga memiliki pahlawan nasional yang tidak akan lepas dari ingatan sejarah.


"Semoga para penerus bangsa ini dapat menjadikan kecintaannya kepada Tanah Air dan Kota Bekasi, Kota Patriot, kota di mana para pahlawan memerangi penjajah. Seperti kejadian Pulogadung, KH Noer Ali menggempur 29 tentara sekutu hingga tiada tersisa yang hidup dari penjajah," jelasnya.

Parlin mengapresiasi pemerintah yang telah menyematkan tanda jasa gelar pahlawan kepada KH Noer Ali, putra asli kelahiran Bekasi.

"Semasa perjuangan itu kami semua benar-benar membela Tanah Air sebagai tanda kami cinta kepada negara Indonesia dan sepatutnya semua warga terus menerus menggelorakan cinta Tanah Air. Dengan begitu perjuangan kami tidak ada yang sia-sia," ujarnya.

Parlin juga mengapresiasi semangat dan kegigihan rekan-rekan sesama veteran kelahiran Bekasi yang masih mau menghadiri Upacara Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI.

"Mewakili rekan-rekan veteran saya mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya, khususnya kepada pemerintah daerah serta segenap generasi penerus bangsa yang masih mau mengingat jasa-jasa pendahulu," jelasnya.

Momen haru sambutan veteran itu dilakukan usai pengibaran Bendera Merah Putih oleh Paskibra Kota Bekasi yang dilanjutkan pembacaan naskah Pancasila, UUD 1945 serta teks proklamasi oleh masing-masing Forkopimda Kota Bekasi.

 

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo