DAERAH

Penjabat Gubernur Al Muktabar Ikuti Pengibaran Merah Putih di Bawah Perairan Selat Sunda

Penjabat Gubernur Banten, Al Muktabar, mengikuti Pengibaran Bendera Merah Putih di Perairan Selat Sunda, Kabupaten Serang, Minggu (14/8/2022). (Ist)
Penjabat Gubernur Banten, Al Muktabar, mengikuti Pengibaran Bendera Merah Putih di Perairan Selat Sunda, Kabupaten Serang, Minggu (14/8/2022). (Ist)


SERANG - Penjabat Gubernur Banten, Al Muktabar, menghadiri Pengibaran Bendera Merah Putih di Perairan Selat Sunda, dekat Pulau Sangiang, Kabupaten Serang, pada Minggu (14/8/2022).  

Pengibaran dilakukan oleh para atlet selam muda Provinsi Banten. Dalam kegiatan itu juga dilakukan pembagian Bendera Merah Putih dan paket sembako kepada masyarakat nelayan dan transplantasi terumbu karang. 

"Kegiatan ini merupakan rangkaian agenda Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77. Pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut dan penanaman terumbu karang untuk menjaga ekosistem laut," jelas Al Muktabar di atas Perairan Selat Sunda dengan menaiki KRI Siwar-646.

Dia mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi bagian dari ikhtiar kebaikan dalam memperingati HUT Ke-77 Kemerdekaan RI dengan mendoakan para pahlawan serta melanjutkan cita-cita pendiri bangsa untuk tetap mencintai laut.

Menurut Al Muktabar, pembagian Bendera Merah Putih kepada para nelayan sebagai bagian pengingat bahwa Republik Indonesia sudah 77 tahun merdeka.


"Merah Putih adalah entitas dari bangsa Indonesia yang harus kita miliki dan kita jaga. Saling mengingatkan untuk kita kibarkan. Bahkan ada yang langsung dikibarkan di kapalnya," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Komandan Pangkalan TNI AL III Banten, Letkol Laut (P) Dedi Komarudin, mengatakan, penyerahan bantuan sembako untuk para nelayan dilakukan di atas laut dan daratan.

"Pengibaran Bendera Merah Putih dilakukan pada kedalaman delapan hingga 10 meter dengan lebar bendera 10 kali enam meter," ujarnya.

Dalam rangkaian kegiatan Pengibaran Bendera Merah Putih ini juga dilakukan bakti sosial kepada masyarakat nelayan Pulau Sangiang berupa penyerahan bantuan sembako, pengobatan gratis, bantuan buku bacaan, penanaman cemara laut, pelepasan burung, pelepasan penyu serta pembersihan pantai panjang.

KRI Siwar-646 sendiri merupakan kapal rudal cepat dengan dikomandani oleh Letkol Laut Putra Alamsyah Tanjung. Pengibaran Bendera Merah Putih ini juga diikuti Kapal Polairud Polda Banten, Kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla), Kapal Basarnas KN SAR Tetuka, Kapal Bea Cukai, Kapal Patroli Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Banten serta sejumlah kapal nelayan tradisional.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Penjabat Sekda Banten, M. Tranggono; Komandan Grup 1 Kopassus, Letkol Inf Romel Jangga Wardhana; Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian; unsur Forkopimda Provinsi Banten dan Kota Cilegon serta kepala OPD Banten.

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo