DAERAH

Ribuan Warga Muba Meriahkan Karnaval Budaya Memperingati HUT RI

Penjabat Bupati Apriyadi Terus Dorong Kreativitas Generasi Muda

Penjabat Bupati Muba, Apriyadi, menyapa warga yang menyaksikan Karnaval Seni Budaya dan Pawai Kendaraan Hias dalam rangka memperingati HUT Ke-77 RI di Sekayu, Kamis (18/8/2022). (Ist)
Penjabat Bupati Muba, Apriyadi, menyapa warga yang menyaksikan Karnaval Seni Budaya dan Pawai Kendaraan Hias dalam rangka memperingati HUT Ke-77 RI di Sekayu, Kamis (18/8/2022). (Ist)


SEKAYU - Sorak sorai dan tepuk tangan begitu meriah dilakukan masyarakat saat mengiringi Karnaval Seni Budaya dan Pawai Kendaraan Hias dalam rangka memperingati HUT Ke-77 RI di Kabupaten Musi Banyuasin, Kamis (18/8/2022). 

Setelah dua tahun lebih kegiatan karnaval ditiadakan karena pandemi COVID-19, kali ini ribuan warga Muba tumpah ruah di sepanjang Jalan Kolonel Wahid Udin untuk menyaksikan satu persatu peserta karnaval melintas, meski sempat diguyur hujan.

Karnaval dimulai dari garis start di depan RSUD Sekayu dengan disambut Penjabat Bupati Muba, Apriyadi, bersama Ketua TP PKK Muba, Asna Aini Apriyadi, beserta jajaran Forkopimda dan Organisasi Perangkat Daerah di depan Pendopoan Griya Bumi Serasan Sekate.

Apriyadi mengatakan, selain untuk memeriahkan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, karnaval dan kendaraan hias juga bertujuan untuk mendorong kreatifitas generasi muda dalam mengapresiasikan kecintaan tersebut melalui seni dengan menampilkan pola karnaval sesuai kreativitas masing-masing. Serta mempererat tali silaturahmi antar-sekolah, OPD, kantor, kecamatan, organisasi, bagian dan masyarakat di Kabupaten Muba.

"Di hari kemerdekaan ini ada banyak makna strategis sebagai hikmah dan semangat untuk pembangunan. Untuk itu, mari kita tingkatkan prestasi di berbagai bidang. Lomba karnaval dan kendaraan hias merupakan bentuk rasa syukur dan untuk menghibur masyarakat Kabupaten Muba," jelas Apriyadi.


Sementara, Plt Kepala Dinas PUPR Muba, Mirwan Susanto, menyampaikan, peserta karnaval yang turut memeriahkan HUT RI tahun ini berasal dari OPD, instansi, organisasi, pelajar dan umum. Karnaval seni budaya terdiri dari siswa sekolah sebanyak 34 kelompok dan peserta umum 10 kelompok, sepeda hias sebanyak 19 unit, becak hias tiga unit, sepeda motor hias 22 unit, mobil hias peserta dari OPD sebanyak 24 unit dan peserta dari umum 10 unit serta marching band sebanyak lima kelompok.

"Bagi para pemenang karnaval dan pawai kendaraan hias akan mendapatkan piagam penghargaan, trofi dan uang pembinaan untuk tujuh kategori yaitu karnaval untuk siswa sekolah, karnaval untuk umum, sepeda hias, becak hias, motor hias, mobil hias untuk OPD, mobil hias untuk umum dan marching band," jelas Mirwan yang juga Ketua Pelaksana Karnaval Seni Budaya dan Pawai Kendaraan Hias Kabupaten Muba.

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo