POLHUKAM

Kata Jokowi, Xi Jinping dan Putin Akan Hadir ke KTT G20, Apa Kabar Biden?

Vladimir Putin dan Xi Jinping. (Net)
Vladimir Putin dan Xi Jinping. (Net)


JAKARTA - Presiden China Xi Jinoing dan Presiden Rusia Vladimir Putin berencana untuk menghadiri KTT G20 November 2022. Hal itu diungkapkan oleh Presiden RI Joko Widodo, yang juga merupakan tuan rumah dari KTT G20 tahun ini. 

Dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg yang dirilis Jumat (19/8/2022), Jokowi menjelaskan bahwa dia telah menerima jaminan dari Xi dan Putin bahwa mereka akan hadir dalam KTT G20 di Bali, November tahun ini. 

"Xi Jinping akan datang. Presiden Putin juga mengatakan kepada saya bahwa dia akan datang," katanya, menurut Bloomberg.

Kehadiran Xi dan Putin akan menjadi sorotan tersendiri, terutama di tengah dinamika internasional yang terjadi. Di mana Rusia terlibat konflik dengan Ukraina dan China tengah bersitegang dengan Taiwan. Baik Putin maupun Xi tidak menghadiri G20 tahun lalu di Roma. 

Di sisi lain, Gedung Putih belum secara resmi mengumumkan Biden bakal menghadiri KTT. Akan tetapi, para pejabat mengatakan Biden kemungkinan besar bakal hadir di Bali.


Mengutip CNN pada Sabtu (20/8/2022), para pejabat Amerika Serikat dan China sebetulnya sudah mencoba mengatur pertemuan tatap muka pertama antara Biden dan Xi terkait rangkaian KTT di Asia yakni G20 di Bali, pertemuan para pemimpin Asia Tenggara di Kamboja, dan KTT Kerjas Sama Ekonomi Asia-Pasifik di Thailand.

Akan tetapi, ketegangan antara Washington dan Beijing telah memburuk dalam beberapa pekan terakhir setelah kunjungan Pelosi ke Taiwan.

Meski begitu pada pertemuan G7, para pemimpin kompak membahas persatuan melawan Rusia terkait invasi ke Ukraina. Biden mengatakan Rusia harus dikeluarkan dari G20.

Sebaliknya, AS dan negara-negara G7 lainnya mendorong Indonesia untuk mengundang Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sebagai peserta tamu dan menunjukkan dukungan untuk Ukraina.


Video Terkait:
Ini Penampakan Puting Beliung di Waduk Gajah Mungkur
Editor: Amelia