POLHUKAM

Masuk Bui Karena Kasus 1MDB, Najib Razak Dapat Sel Sultan?

Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak. (Reuters)
Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak. (Reuters)


JAKARTA - Departemen Penjara Malaysia membantah desas-desus yang beredar yang menyatakan bahwa mereka memberikan perlakuan khusus alias VIP untuk mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak. 

Pada Rabu (24/8/2022), Departemen Penjara Malaysia mengunggah postingan Facebook dengan foto yang menggambarkan sel penjara dengan rak, tiga tempat tidur dan meja, yang viral yang disebut-sebut bahwa itu merupakan kamar sel penjara dari Najib. 

Departemen Penjara Malaysia membantah isu itu. 

"Stop sebarkan informasi palsu!" begitu pesan yang diunggah oleh pihak Departemen Penjara Malaysia di Facebook. 

Sementara itu, mengutip Channel News Asia, Kamis (25/8/2022), pencarian gambar Google menunjukkan hasil bahwa foto terlampir adalah sel yang diperbaharui di penjara Champ-Dollon di Swiss. 


Sebelumnya diketahui bahwa Najib kehilangan banding terakhirnya di Pengadilan Federal terhadap hukuman terkait 1MDB pada hari Selasa (23/8/2022). Dia pun kemudian diperintahkan untuk segera memulai hukuman penjaranya.

Najib lalu dibawa ke Penjara Kajang pada hari yang sama. Pengadilan menguatkan keyakinannya dan hukuman penjara 12 tahun terhadap Najib karena menyalahgunakan 42 juta ringgit Malaysia dana milik SRC International, bekas unit 1Malaysia Development Berhad (1MDB).


Video Terkait:
Malaysia Banjir Covid-19, 1 Juni Lockdown
Editor: Amelia