DAERAH

Pegawai Dishub DKI Wajib Gunakan Sepeda Setiap Jumat

Pesepeda melintasi jalur sepeda di Jalan Sudirman, Jakarta, Rabu, 8 September 2021. (Foto: Aditya Pradana Putra / Antara)
Pesepeda melintasi jalur sepeda di Jalan Sudirman, Jakarta, Rabu, 8 September 2021. (Foto: Aditya Pradana Putra / Antara)


JAKARTA - Dinas Perhubungan DKI Jakarta mewajibkan pegawai di lingkungannya menggunakan sepeda setiap Jumat untuk mendukung pemanfaatan dan penyediaan jalur sepeda di Ibu Kota.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perhubungan DKI, Syafrin Liputo kepada wartawan, di Jakarta, Jumat (26/8/2022).

"Kami mendukung agar seluruh program yang terkait dengan penyediaan jalur sepeda ini bisa dimanfaatkan dengan baik," kata dia.

Syafrin menerbitkan Instruksi Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Nomor e-0031 tahun 2022 yang berisi permintaan kepada seluruh pegawai Dinas Perhubungan untuk menggunakan sepeda setiap hari Jumat.

Sebagai permulaan, Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengadakan kegiatan bersepeda sepanjang Jalan Sudirman-Balai Kota Jakarta dan dilanjutkan hingga ke kawasan Kota Tua di Jakarta Barat.


Kegiatan bersepeda itu, kata dia, juga dilakukan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-17 komunitas Bike To Work Indonesia sebagai komunitas sepeda pertama di Indonesia.

Selain itu, kata dia, juga untuk menyosialisasikan jalur-jalur sepeda yang telah tersedia di Jakarta sehingga dapat mendorong penggunaan sepeda di masyarakat.

Dalam instruksi yang ditetapkan pada 5 Agustus 2022 itu disebutkan selain para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Dinas Perhubungan, wajib bersepeda setiap Jumat itu juga ditujukan kepada Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP).

Instruksi tersebut dapat dikecualikan kepada pegawai yang sedang dinas luar, hamil, sakit dan petugas yang membawa kendaraan operasional.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menambah jalur sepeda sepanjang 195,6 kilometer di 20 lokasi selama tahun 2022.

Untuk itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menargetkan sepanjang 250 kilometer jalur sepeda bisa terbangun hingga akhir tahun ini.

Anies pun optimistis Jakarta nantinya bisa mempunyai 500 kilometer jalur sepeda secara bertahap untuk mendukung upaya pengurangan emisi karbon.

"Nanti diharapkan dapat 500 kilometer jalur sepeda di Jakarta," kata Anies.

Editor: Saeful Anwar