WISATA

Tak Sekadar Lomba, IFG Labuan Bajo Marathon 2022 Dukung Ekonomi Lokal

Direktur Utama IFG Robertus Bilitea, CEO Mesa Race, Reza Puspo, dan Direktur Utama PT Jamkrindo Putrama Wahju Setyawan dalam konferensi pers IFG Labuan Bajo Marathon 2022 di Jakarta/Ist
Direktur Utama IFG Robertus Bilitea, CEO Mesa Race, Reza Puspo, dan Direktur Utama PT Jamkrindo Putrama Wahju Setyawan dalam konferensi pers IFG Labuan Bajo Marathon 2022 di Jakarta/Ist


LABUHAN BAJO -  Direktur Utama Indonesia Financial Group (IFG), Robertus Bilitea mengajak partisipasi masyarakat dalam meramaikan IFG Labuan Bajo Marathon 2022 sebagai bentuk pesta rakyat Manggarai Barat dan sekitarnya. 

Ia berharap momentum ini bisa sekaligus mendukung perekonomian masyarakat lokal. 

Labuan Bajo sebagai Destinasi Super Prioritas (DSP) yang dicanangkan oleh pemerintah dan menyongsong Indonesia keluar dari masa pandemi. Sejalan dengan hal itu, IFG juga mendukung percepatan peningkatan perekonomian masyarakat lokal dengan pemberdayaan UMKM dalam ajang IFG Labuan Bajo Marathon 2022, setelah dua tahun melambat akibat pandemi COVID-19. 
 
Kegiatan ini diharapkan membuka mata dunia lebih lebar lagi terhadap Labuan Bajo, mencakup aspek sosial budaya dan pesona alamnya yang begitu memikat, sehingga meningkatkan pariwisata di daerah tersebut, termasuk di luar waktu marathon digelar. 
 
IFG juga bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Labuan Bajo mempersiapkan sejumlah acara pendukung, seperti pameran UMKM serta pagelaran seni dan budaya khas NTT, untuk meningkatkan perekonomian lokal.
 
Sementara itu, Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengatakan bahwa IFG Labuan Bajo Marathon 2022 sejalan dengan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN untuk meningkatkan perekonomian lokal.
 
"Ini akan men-support dan mendukung semakin kuatnya Labuan Bajo sebagai tempat wisata prioritas di Indonesia. Dan jika ini akan sukses, maka UMKM-UMKM di Labuan Bajo akan terdukung. Tidak hanya di Labuan Bajo, tentunya di NTT, dan ini akan menjadi lompatan besar karena Indonesia setelah kondisi corona saat ini akan menuju support besar terhadap pariwisata Indonesia," papar Arya.
 
Selama ini, telah banyak atlet berprestasi Indonesia yang dilahirkan di Bumi Flobamora. Sekjen Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI), Tigor Tanjung, menyatakan optimismenya bahwa IFG Labuan Bajo Marathon 2022 dapat berperan dalam menelurkan bibit-bibit baru, khususnya yang berprestasi di bidang atletik, baik itu di kancah nasional maupun internasional.

Untuk itu, IFG bekerja sama dengan Dinas Pemuda dan Olah Raga NTT dan PASI NTT untuk mencari bibit atlet dengan melibatkan 100 Sekolah Menengah Atas (SMA) di seluruh wilayah NTT. Program tersebut menjaring 400 siswa dan siswi berprestasi di bidang atletik. 

Mereka kemudian mengikuti pelatihan selama dua bulan, yang dimonitor langsung oleh pelatih lari bersertifikat International Amateur Athletic Federation (IAAF) dan PASI, coach Agung Mulyawan. Nantinya, ke-400 bibit potensial tersebut akan turut berpartisipasi di IFG Labuan Bajo Marathon 2022 kategori 5K. 


Pihak penyelenggara, Mesa Racer, menyatakan bahwa selain sejumlah kategori individu atau perorangan yang dapat diikuti oleh warga umum baik dari lokal, domestik, maupun internasional, IFG Labuan Bajo Marathon 2022 juga melombakan kategori kelompok di Ekiden (Estafet 5K) dan lomba khusus anak-anak di kategori Kids Dash 100M. 

"Ekiden adalah kegiatan lari estafet (tim ganda campuran empat orang).  Masing-masing peserta akan berlari sejauh 5 kilometer, dengan total jarak 20 kilometer," kata CEO Mesa Race, Reza Puspo.

Editor: Widya Victoria