POLHUKAM

Partai Buruh Pasang Badan Mogok Nasional

Presiden Partai Buruh, Said Iqbal. (Suara.com)
Presiden Partai Buruh, Said Iqbal. (Suara.com)


JAKARTA - Presiden Partai Buruh, Said Iqbal, siap pasang badan terkait seruan mogok nasional jika pemerintah tidak kunjung membatalkan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Said Iqbal menjamin keamanan para buruh saat mogok kerja tersebut dilakukan.

"Enggak usah takut, saya yang pimpin langsung. Kalau ada apa-apa, saya yang tanggung jawab. Saya akan serukan secara terbuka, mogok nasional," ujarnya saat mengikuti unjuk rasa di depan Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (6/9/2022).

Mogok nasional rencananya bakal dilakukan pada November sampai Desember 2022.

"November akhir atau Desember awal, bila BBM tidak diturunkan," kata Said Iqbal.


Dia kemudian menyerukan agar para buruh yang ikut berunjuk rasa menolak kenaikan harga BBM nantinya dapat menghentikan proses produksi, sehingga bakal melumpuhkan perekonomian.

"Syaratnya gampang, setop produksi, lumpuh ekonomi. Di sini ada pengemudi, bus, Damri, saya akan instruksikan mereka setop operasional. Kita galang kekuatan dengan mahasiswa, kita akan ajak," tegas Said Iqbal.

Dalam kesempatan tersebut, salah satu orator juga menyinggung sikap Ketua DPR RI Puan Maharani yang seakan bersikap diam menanggapi kenaikan harga BBM.
"Hari ini kita nyari Puan Maharani yang dulu nangis-nangis ketika BBM dinaikkan," kata salah satu orator dari atas mobil komando.

Menurut orator tersebut, justru kekinian Puan malah bermanis-manis dan bukan melakukan protes atas kenaikan harga BBM sebagaimana yang dilakukannya saat kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Sekarang apa yang dilakukan? Bermanis-manis dengan pemerintah, bersekongkol untuk menyengsarakan rakyat Indonesia," tuturnya.

Lebih lanjut, orator menyampaikan dari adanya kebijakan menaikkan harga BBM membuat rakyat sengsara dan kehidupan semakin sulit.
Untuk itu, lanjutnya, kalangan buruh dan pekerja akan terus bersama dengan rakyat menuntut pembatalan kenaikan harga BBM.

Artikel ini juga bisa Anda baca di Koran Info Indonesia edisi Rabu, 7 September 2022.

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo