EKONOMI

UMKM Juru Selamat Perekonomian

Menparekraf, Sandiaga Uno, saat berbicara di depan Forkopimda Maluku dan para pelaku UMKM di MCM Ambon, Minggu (11/9/2022). (Antara/Winda Herman)
Menparekraf, Sandiaga Uno, saat berbicara di depan Forkopimda Maluku dan para pelaku UMKM di MCM Ambon, Minggu (11/9/2022). (Antara/Winda Herman)


AMBON - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mengatakan bahwa Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Provinsi Maluku dapat menciptakan lapangan kerja dan mendukung kinerja perekonomian lokal.

"Sangat penting UMKM itu, karena ia pencipta 97 persen lapangan kerja. Kemiskinan yang kita hadapi ini karena masyarakat tidak memiliki peluang usaha dan tidak memiliki penghasilan," kata Sandiaga usai mengunjungi pameran UMKM di Maluku City Mall (MCM), Kota Ambon, Minggu (11/9/2022).

Dia menjelaskan, UMKM juga bisa memberikan solusi terhadap biaya hidup yang besar karena UMKM terbukti mempunyai daya tahan ketika perekonomian terdampak pandemi COVID-19.

"UMKM ini selalu mampu secara tangguh menyikapi masalah perekonomian, dengan beradaptasi, berinovasi, dan berkolaborasi. Oleh karena itu, UMKM memiliki kemampuan menjadi juru selamat perekonomian terutama di Maluku," ujar Sandiaga.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga yang juga menggelar pertemuan dengan 20 UMKM Se-Maluku mengaku akan memberikan dukungan kepada pelaku usaha melalui pemasaran, kemasan serta pembiayaan.


"Karena kita punya program akses pembiayaan dan terakhir tadi kita sudah janji juga terkait pendampingan untuk ke depan agar UMKM ini terus naik kelas," katanya.

Sandiaga pun mengharapkan Pemkot Ambon serta Pemprov Maluku dapat bersinergi mendorong pertumbuhan UMKM yang terbukti telah menjadi tulang punggung kebangkitan perekonomian Indonesia.

"Saya berharap kita juga bisa bekerja sama dalam membangkitkan peluang usaha terutama kepada para pelaku UMKM, dalam rangka menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru di tahun ini dan 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024," jelasnya.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena, menambahkan bahwa sektor UMKM merupakan salah satu hal yang sangat mendorong dan membantu dalam peningkatan perekonomian di Ambon.

Selama ini, pemerintah kota telah meluncurkan beberapa kegiatan untuk memberikan ruang bagi UMKM dalam rangka memberikan usaha atau aktivitas masyarakat.

"Bahkan kami sudah menyiapkan pojok-pojok kota untuk UMKM memasarkan produk mereka di situ. Dan ada kewajiban bagi ASN, itu setiap tanggal 7 harus berbelanja di UMKM," jelas Bodewin.

Dalam kunjungan kerja ke Maluku, Menparekraf juga menandatangani prasasti penetapan Desa Wisata di Negeri Hila. Desa Wisata Negeri Hila ditetapkan sebagai salah satu dari 50 desa wisata terbaik pada program Kemenparekraf tahun 2022.

"Potensi Desa Wisata Negeri Hila sangat lengkap dan memiliki peluang menjadi pemenang ADWI 2022. Aspek kekayaan desa tersebut tidak hanya dari segi sejarah," kata Sandiaga di Desa Wisata Negeri Hila, Maluku Tengah.

Menurut dia, Desa Wisata Negeri Hila merupakan titik nol dari jalur rempah di Indonesia, sehingga rute rempah dimulai dari titik ini.

"Selain itu, pemandangannya yang indah, budaya yang luhur dan produk-produk ekonomi kreatifnya, sangat menarik," ujar Sandiaga.

Lebih dari itu, Sandiaga memberikan apresiasi kepada Astra sebagai mitra yang satu tahun ke depan akan memberikan dukungan, pendampingan agar Desa Wisata Negeri Hila semakin berdaya saing unggul dan berkelas dunia.

"Ada Benteng Amsterdam juga, ini menjadi daya tarik. Jadi ini paket sejarah wisata yang komplit," demikian Sandiaga.

Artikel ini juga bisa Anda baca di Koran Info Indonesia edisi Senin, 12 September 2022.


Video Terkait:
Terbukti Tahan Banting, DPRD Kaltim Desak Pemerintah Memperhatikan UMKM
Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo