DAERAH

WSBK Mandalika Siapkan Pawang Hujan Sasambo

Komandan Lapangan WSBK Mandalika 2020, Jamaluddin Maladi (Lalu Suparman Ambakti/Info Indonesia)
Komandan Lapangan WSBK Mandalika 2020, Jamaluddin Maladi (Lalu Suparman Ambakti/Info Indonesia)


INFO INDONESIA, MATARAM – Panitia lokal menyiapkan pawing hujan lokal pada penyelenggaraan World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Kuta Lombok Tengah pada 11-13 November 2022 mendatang.

“Penting juga yang akan menggantikan pawang hujan Rara pada WSBK sebelumnya. Ini kan keren, kearifan lokal, sekarang harus ada Rara-Rara yang baru. Rara Sasambo, (Sasak, Samawa, Mbojo, red),” kata Komandan Lapangan WSBK Mandalika 2020, Jamaluddin Maladi di Mataram, Senin (19/9/2022).

Rara yang dimaksud merujuk pada nama salah satu pawang hujan yang sempat populer.

Menurut dia, pawang hujan lokal perlu diberdayakan. Dia menilai bahwa mereka memiliki keahlian untuk mengalihakan hujan sementara, bukan menahan hujan.

“Mengalihkan hujan untuk sementara pada saat balapan, supaya penonton merasa nyaman. Kan besok banyak tempat nonton yang tidak ada atapnya yang di paddock-paddock, di festival, suapaya nyaman nontonya,” tutur Jamaluddin


Dia mengatakan, Pemerintah Provinsi NTB sebagai panitia lokal, saat ini segala persiapan terus dioptimalkan untuk mensukseskan DAN kelancaran WSBK.

"Saya sudah beberapa kali kita ketemu dengan ITDC, MGPA termasuk dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait,” jelas Jamaluddin

Untuk menyemarak WSBK ini, lanjut dia, Pemprov NTB menyiapkan beberapa event lokal pada saat sebelum dan pada saat pelaksanaan.

“Kita menyiapkan Lombok-Sumbawa fiar. Nanti di situ, kita banyak sekali pelaku UMK, IKM kita baik yang lokal maupun yang premium,” tutur Jamaluddin.

Editor: Amelia