WARNA-WARNI

Prakiraan Cuaca Hari Ini, Sebagian Wilayah Ini Akan Diguyur Hujan

Ilustrasi hujan (Net)
Ilustrasi hujan (Net)


JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah di Tanah Air mengalami hujan dengan intensitas beragam pada Selasa (20/9/2022).

Menurut informasi dari BMKG, dijelaskan bahwa berdasarkan analisis dari prakirawan BMKG saat ini sirkulasi siklonik berada di Maluku Utara yang membentuk daerah konfluensi di Maluku dan Papua Barat.

Daerah konvergensi lainnya juga terpantau memanjang di Samudera Hindia Barat Bengkulu, Aceh, dari Sumatera Barat hingga Sumatera Utara, dari Sumatera Selatan hingga perairan Barat Bengkulu, di Kalimantan bagian tengah, Sulawesi bagian tengah, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Kondisi dan potensi pertumbuhan awan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi sekolah dan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut.

Wilayah Sumatera, terutama di Kota Bandar Lampung dan Kota Pangkalpinang diprediksi berawan, sedangkan untuk Kota Palembang berkabut. Kota Bengkulu juga diprediksi berkabut, namun perlu diwaspadai untuk yang berada di Kota Jambi dan Kota Padang diprediksi terjadi hujan yang disertai dengan petir.


Kota Banda Aceh diprediksi cerah berawan, sedangkan untuk Kota Medan dan Kota Tanjungpinang diprediksi terjadi hujan dengan intensitas ringan. Perlu waspada untuk warga yang berada di Pekanbaru diprediksi terjadi hujan yang disertai dengan petir.

Beralih ke pulau Jawa, Kota Serang diprediksi berawan, sedangkan DKI Jakarta diprakirakan cerah berawan. Kota Bandung akan terjadi hujan dengan intensitas ringan. Sementara Kota Yogyakarta dan Semarang diprediksi berawan, serta Kota Surabaya diprediksi cerah berawan.

Untuk wilayah Kalimantan, Kota Pontianak dan Kota Palangkaraya akan terjadi hujan dengan intensitas ringan, sedangkan Kota Samarinda diprakirakan  berkabut.

Kota Tanjung Selor diprediksi terjadi hujan dengan intensitas ringan. Namun, yang berada di Kota Banjarmasin diprediksi terjadi hujan yang disertai petir.

Sementara itu, Pulau Bali dan Nusa Tenggara, Kota Denpasar, Kota Mataram, Kota Kupang diprediksi terjadi hujan dengan intensitas ringan. Di wilayah Sulawesi, Kota Gorontalo diprediksi berawan, sedangkan Kota Palu diprediksi hujan dengan intensitas ringan. Namun, perlu waspada untuk yang berada di Kota Makassar, karena diprediksi terjadi hujan dengan intensitas sedang.

Untuk Manado juga diprediksi terjadi hujan intensitas ringan. Kota Mamuju dan Kota Kendari diprediksi terjadi hujan dengan intensitas sedang.

Sedangkan wilayah Maluku dan Papua, Kota Ternate, Kota Ambon dan Kota Jayapura diprakirakan terjadi hujan dengan intensitas ringan dan perlu diwaspadai untuk yang berada di Kota Manokwari diprakirakan hujan yang disertai dengan petir.


Video Terkait:
Gempa Yogyakarta, Warga Panik Lari ke Luar Rumah
Editor: Amelia